Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

7 Robot Manusia Mengagumkan, tapi Nomor 7 Bikin Ngeri

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Jan - 2019, 09:29

ilustrasi robot mirip manusia (bedanggak)
ilustrasi robot mirip manusia (bedanggak)

MALANGTIMES - Perkembangan zaman saat ini sudah semakin tak terbatas. Perkembangan terjadi pada semua aspek. Salah satunya aspek teknologi yang semakin canggih. Malah bisa dibilang kelewat canggih.

Kita lihat saja contohnya perkembangan dalam teknologi  robot. Saat ini robot yang diciptakan begitu  canggih serta memiliki kemampuan seperti manusia atau makhluk hidup lain. Mereka bisa mendengar, melihat, memegang, berjalan dan lainnya.

Baca Juga : Bikin Adem, Azan Dikumandangkan Terbuka di Jerman untuk Pertama Kalinya, Bentuk Lawan Covid-19

Mirip transformer atau terminator, hal itu mungkin saja bisa membuat kekhawatiran jangan-jangan suatu saat mereka akan menginvasi kehidupan.

Apa saja robot yang mirip mahluk hidup sesungguhnya? Yuk kita simak infonya langsung dari rangkuman Chanenla Beda Nggak. 


1. Asuna

Jepang memang merupakan negara yang canggih dalam berinovasi di bidang teknologi, khususnya dalam penciptaan sebuah robot. Seorang ahli robot dari Universitas Osaka Jeoang membuat sebuah robot canggih yang sempat dia pamerkan di Tokyo Desainer Week.

Meski belum dilengkapi AI,  robot ini
bakal dilengkapi kecerdasan buatan lima sampai 10 tahun ke depan. Asuna memiliki tekstur kulit yang menyerupai manusia. Bahkan ia diciptakan bisa menirukan mimik-mimik manusia. Benar-benar sesuai aslinya. Matanya bisa berkedip dan pergerakan mulutnya terlihat natural.

Semua ini dapat terwujud karena komposisi kulit dari bahan silikon dan penagihan atau animatronic yang membekalinya. Emang supercanggih ya.

2. Han

Robot ini didesain oleh Hansen Robotic. Robot yang memiliki wajah mirip manusia ini dilengkapi dengan komponen yang bernama frubber. Gabungan dari kata flesh dan rubber.  Han pertama  dikenalkan di Global Sources Mobile Elektronik Show Asia World Expo.

Uniknya robot laki-laki ini bisa berinteraksi dengan manusia. Robot ini bisa mengidentifikasikan ekspresi menggerakkan bola mata, bahkan melakukan percakapan sederhana dengan manusia. Wah serem juga ya kalau ada robot yang begitu.

3. Erica

Setelah menciptakan Asuna, ternyata peneliti dari Universitas Osaka juga kembali menciptakan robot baru bernama Erica yang memiliki kemampuan berbeda dengan robot sebelumnya. Selain didesain dengan cantik,  Erica juga didesain memiliki kemampuan bicara dengan bahasa tubuh meskipun terlihat kaku.

Erica mirip sekali dengan manusia. Dia bisa berkedip, memiringkan kepala, punya mimik wajah yang mencerminkan emosi, gerakan bibir atau melakukan bahasa tubuh saat bicara. Sehingga kayaknya si robot cantik nan seksi tersebut bisa menjadi teman para jomblo.

4. Gemenoid DK

Robot ini bisa dibilang lebih dari sekadar tiruan seorang manusia, bahkan diklaim benar-benar mirip manusia tiruan. Sama seperti Erika, robot inijuga merupakan kerja sama antara salah jurusan teknologi Jepang dan Universitas Osaka.

Baca Juga : Teori Baru Bermunculan di Tengah Pandemi Corona: Media Tebar Propaganda, Ciptakan Panik, Ending-nya Krisis Ekonomi

Gemenoid DK merupakan tiruan seorang profesor asal Denmark, yaitu Profesor Handriks. Jika melihat robotnya, tidak hanya penampilan fisiknya saja yang sama namun juga kebiasaannya pun mampu ditirukan oleh robot ini dengan sempurna.

5. Jia Jia

Tak hanya Jepang yang canggih dengan teknologi robotnya. Tiongkok juga punya robot cantik yang bernama Jia Jia. Robot yang juga disebut dewi robot ini begitu memesona dan pandai untuk berbicara. Bahkan dia bisa melontarkan pujian terhadap seseorang persis seperti manusia.

Saking miripnya, banyak yang mengira robot ini adalah manusia asli karena dia terlihat seperti mengambil nafas.

Robot humanoid ini diciptakan oleh tim insinyur robotika dari University of Science and Technology China. Robot yang dibuat pada 2016 ini, diklaim bisa mengambil alih pekerjaan manusia seperti bekerja di restoran, hotel atau pekerja rumah tangga di masa depan.

Robot ini memiliki kemampuan mengenali wajah dan mempelajari sesuatu lainnya layaknya manusia. Meski belum bisa berjalan sendiri, robot ini memiliki kemampuan bicara yang mengesankan yang membedakan dengan robot lainnya.

6. Sophia

Sophia merupakan ciptaan David Hansen, pendiri produsen robot yang berbasis di Hongkong, Hansen Robotic. Sophia dibuat Hansen mirip dengan selebriti legendaris dunia. Sophia dibuat benar-benar mirip dengan manusia. Namun yang agak membuat ngeri, Sophia pernah mengatakan akan menganjurkan manusia.

Hansen membuat banyak robot humanoid karena ingin manusia berdampingan dengan robot.

7. Robot Mamalia

Boston Dynamic dikenal dikenal sebagai pembuat robot bipedal dan Quadropedal, yang dapat berjalan seperti mahluk hidup. Perusahaan yang diakuisisi Google ini sempat mengguncang dunia dengan robotnya yang bernama Big Dog pada 2005. Pasalnya, robot buatan Boston Dynamic kuat tahan banting dan mampu membawa beban berat.

 Selain Big Dog, Boston Dynamic juga  menciptakan robot-robot lainnya yang tak kalah kemampuannya dibandingkan Big Dog.  Bahkan robot yang mereka kembangkan tersebut juga memiliki kemampuan gerakan yang mustahil dimiliki sebuah robot-robot.

Namun kreasi mereka ini nyatanya juga tak selalu mendapatkan  sambutan positif. Masih ada saja mereka yang  kontra dengan kemampuan robot yang terus dikembangkan tersebut. Mereka khawatir jika kemampuan robot terlalu tinggi, justru bisa menjadi bumerang nantinya.


Topik

Serba-Serbi berita-malang Robot-Manusia-Mengagumkan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni