Peringatan dini 3 harian Jawa Timur. (Foto: BMKG)
Peringatan dini 3 harian Jawa Timur. (Foto: BMKG)

MALANGTIMES - Selama tiga hari ke depan Kota Batu akan diguyur hujan. Hujan yang mengguyur Kota Batu diperkirakan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Dalam informasi yang dibagikan oleh BMKG, perkirakan hujan akan terjadi mulai tanggal 30-31 Oktober hingga 1 November mendatang. “Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Baca Juga : Atap Pujasera Sriwijaya Ambruk, Ini Kata Pedagang dan Diskopindag Kota Malang

 

Hujan yang akan melanda Kota Batu ini pada Jumat (30/10/2020) pagi hingga siang hari. Hujan lebat dan sedang  juga akan melanda pada kawasan Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Kemudian pada Sabtu (31/10/2020) terjadi pada siang hari saja. Berbeda yang dengan kabupaten Malang dan Kota Malang yang terjadi sejak pagi hari hingga siang hari.

“Untuk hari Minggu (1/11/2020) hujan akan melanda Kota Batu hanya pada malam hari. Sehingga masyarakat diminta untuk lebih waspada saat hujan melanda,” ucapnya. 

Saat turun hujan terjadi agar mewaspadai bencana yang kerap melanda Kota Batu. Diantaranya, tanah longsor, angin kencang, hingga banjir. Sebab beberapa hari terakhir bencana melanda saat musim hujan datang, seperti banjir, tanah longsor, juga pohon tumbang.

“Mengingat bencana tersebut memang tidak bisa terhindarkan saat musim hujan di Kota Batu. Jadi warga diminta agar lebih waspada dan tetap menjaga saluran drainase sekitar rumah tetap bersih,” terang Agung.

Baca Juga : Video Viral Seorang Nenek Dipukuli Berkali-kali oleh Wanita Muda di Malang, Warganet Geram

 

Selain itu juga agar menghindari pohon saat terjadi angin kencang. Sebab rentan akan ranting-ranting berjatuhan hingga pohon tumbang yang juga kerap terjadi di jalan protokol.