Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkab Malang Terjunkan Ratusan Dokter Hewan Hingga Paramedik, Nihil Hewan Kurban Terpapar Penyakit Jelang Idul Adha

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

14 - Jun - 2024, 19:18

Placeholder
Pedagang hewan saat melangsungkan kegiatan penjualan kambing kurban di Pasar Hewan Kepanjen jelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah ketika ditemui pada Jumat (14/6/2024). (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menerjunkan ratusan dokter hewan dan paramedik jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah 2024. Hasilnya, tidak ditemukan adanya hewan untuk kurban yang terpapar penyakit.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang Eko Wahyu Widodo di sela-sela agenda pemerintahan yang berlangsung di Kantor Desa Bululawang, Kabupaten Malang, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga : Penjualan Hewan Kurban di Malang Turun 40 Persen, Pedagang: Idul Adha Bareng Pendaftaran Sekolah

"Kami sudah melakukan pengecekan hewan di lapak-lapak. Kami menerjunkan kurang lebih 22 dokter hewan, kemudian paramedik-nya ada 67 petugas. Selain itu, kami  dibantu kurang lebih 140 mahasiswa kedokteran dari Universitas Brawijaya," ujarnya.

 Eko menyebutkan, pemeriksaan terhadap hewan kurban oleh dokter hewan tersebut akan terus dilakukan hingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. "Pemeriksaan lapak juga sudah dimulai. Terus nanti ada juga pemeriksaan pada saat pemotongan," imbuhnya.

Mereka nantinya akan bertugas saat pra maupun ketika pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. "Kami nanti juga mulai terjunkan pada tanggal 16, 17, 18 (Juni 2024)," tuturnya.

Menuru Eko, pemeriksaan terhadap hewan kurban dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait kondisi kesehatan hewan kurban. "Beberapa penyakit yang diperiksa di antaranya seperti PMK (penyakit mulut dan kuku), LSD (lumpy skin disease), hingga cacingan dan sebagainya," bebernya.

Baca Juga : Jangan Anggap Sepele, Kemasan Skincare Sepenting Ini

Dari hasil pemeriksaan sejauh ini, Eko memastikan tidak ada hewan yang dipersiapkan untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang terpapar penyakit. "Sementara, saat ini aman, tidak ada kendala, lancar. LSD dan PMK aman, sudah tidak ditemukan lagi," pungkas Eko.


Topik

Pemerintahan Hewan kurban Kabupaten Malang pwmeriksaan hewan kurban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy