Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Susah Dapat Air Bersih, Pemkab Malang Siap Bangun Sumur Bor di Jabung

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Sep - 2018, 16:57

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Melaksanakan bina desa di Kecamatan Jabung, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna mendapati warga yang susah mendapatkan air bersih. Dia pun berjanji akan segera kembali membangun sumur bor di kawasan yang terkenal akan kopi dan tebunya itu.

Menurut Rendra, saat ini wilayah Kecamatan Jabung baru memiliki dua sumur bor untuk kebutuhan sehari-hari. Namun untuk irigasi, memang belum ada saluran khsus yang dibuat. Sehingga, tak jarang petani yang kesusahan mendapat air, terutama saat musim kemarau seperti sekarang.

Baca Juga : Tangkal Covid, Pemkab Malang Sediakan Safe House di Seluruh Desa

"Jadi, dua sunur bor yang ada masih untuk rumah tangga. Sedangkan kebutuhan di sawah masih akan kami usahakan," katanya di sela-sela blusukan yang dilakukan di Desa Jabung Kecamatan Jabung, Kamis (6/9/2018).

Selama ini, sudah banyak upaya yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan air bersih itu. Salah satunya adalah mengebor sumur di beberapa titik. Namun sayangnya, sampai saat ini proses pengeboran selalu gagal direalisasi. Dalam satu hari, pengeboran hanya biaa dilakukan dengan kedalaman setengah meter saja.

"Secara hitungan jelas mereka yang ngebor sumur itu rugi. Karena saat di bor itu susah dan banyak bebatuan besar itu di bawahnya dan bor banyak yang rusak," jelas Rendra.

Meski begitu, upaya bor sumur menurutnya harus terus dilakukan. Pendekatan dengan beberapa stakehokder pun tetap diusahakan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih. "Termasuk inovasi-inovasi terkini untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan kebutuhan air," urainya lagi.

Baca Juga : Sehari 83 Warga Surabaya Positif Covid-19, Gubernur Jatim: Warga Kurang Dapat Informasi

Sementara itu, saat ini kebutuhan air bersih masyarakat di Kecamatan Jabung menurutnya sebagian besar masih bergantung pada penyaluran oleh PDAM. Infrastruktur jalan pun lebih diperkuat untuk mengatasi permasalahan sulit air yang sering terjadi saat musim kemarau berkepanjangan. Itu karena truk air sering diturunkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. (*)


Topik

Pemerintahan berita-malang Bupati-Malang-Dr-H-Rendra-Kresna Pemkab-Malang-Siap-Bangun-Sumur-Bor-di-Jabung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni