Foto ilustrasi. (istimewa)
Foto ilustrasi. (istimewa)

MALANGTIMES - Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Fauzan MPd dikabarkan ingin mengajukan usulan pergantian Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM Masa Jabatan 2020-2024.

Baca Juga : Trending Twitter! Buku Karya Tere Liye Jadi Barang Bukti Aksi Vandalisme Anarko

 

Sebelumnya, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad PhD dan Sekretaris Muhammad Sayuti MPd MEd PhD sudah mengangkat dan menetapkan Dr Nur Subeki ST MT sebagai WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM masa jabatan 2020-2024.

Baca Juga : Dosen UM yang Sempat Positif Covid-19, Sudah Diperbolehkan Meninggalkan Rumah Sakit

 

Menurut kabar burung, Fauzan tidak puas dengan keputusan tersebut. Ia ingin mempertahankan formasi lamanya, yakni Prof Dr Syamsul Arifin MSi sebagai WR I, Dr H Nazaruddin Malik SE MSi sebagai WR II, dan Dr Sidik Sunaryo SH MSi MHum sebagai WR III.

Sehingga, ia bermaksud mengganti nama Subeki dengan Sidik Sunaryo yang sebelumnya memang menjabat sebagai WR III UMM. Sementara WR I dan WR II menurut keputusan PP Muhammadiyah tetap diduduki oleh Syamsul dan Nazaruddin.

Mencari tahu kebenaran akan desas-desus itu, media ini meminta konfirmasi dari Rektor UMM.

"Nunggu SK saja, Mbak," kata Rektor melalui pesan WhatsApp saat ditanya kebenaran pihaknya mengusulkan pergantian tersebut, Rabu (15/4/2020).

Lantaran keputusan PP Muhammadiyah sudah final dan tidak dapat ditawar, muncul rumor lain bahwa Rektor mencari siasat dengan menambah kursi yakni jabatan WR IV yang membidangi Kelembagaan, Pengembangan SDM, dan Kerjasama untuk Sidik.

Ditanya akan hal ini, Fauzan tetap irit menjawab.

"He...he... Nunggu SK saja biar jelas Mbak ya," jawabnya.

Baca Juga : Gegara Ahok Diskon BBM untuk Ojol, Said Didu dan Arsul Soni Malah 'Perang' di Twitter

 

Ditanya soal kapan SK yang dimaksud Fauzan keluar, Fauzan menjawab, "Secepatnya."

Baca Juga : Rektor UM Benarkan Ada Dosen yang Positif Covid-19

Senada dengan Fauzan, WR III baru Nur Subeki baru akan berkomentar setelah dirinya dilantik.

"Nunggu setelah pelantikan ya?" ucapnya.

Dalam berita MalangTIMES sebelumnya, Wakil Rektor II Dr H Nazaruddin Malik SE MSi sudah menjelaskan hal ini. Nazar, sapaan akrab Nazaruddin, menyampaikan adanya penambahan jabatan WR IV ini dilakukan lantaran merespons perkembangan.

BACA JUGA: https://malangtimes.com/baca/51345/20200415/173600/tepis-tuduhan-ganti-wr-iii-wr-ii-ungkap-rektor-umm-buat-jabatan-wr-iv

"Jujur kalau mau dikatakan, memang bidang IV itu adalah bidang yang kita munculkan melihat perkembangan situasi yang bergulir, bukan perkembangan situasi pemilihan, bukan perkembangan situasi akibat pemilihan, tapi merespons perkembangan yang harus kita jawab di masa periode yang berikutnya ini," tegasnya.

Ia mengungkapkan, usulan itu dibuat karena (yang sebelumnya) tidak mengcover perkembangan yang dibutuhkan dalam situasi 3 tahun terakhir.