Warga saat membawa pelaku curanmor menuju pos satlantas pertigaan Pendem. (Foto: screenshot video)
Warga saat membawa pelaku curanmor menuju pos satlantas pertigaan Pendem. (Foto: screenshot video)

MALANGTIMES - Di tengah pandemi Covid-19, tindak kriminal rupanya semakin merajalela, termasuk di Kota Batu. Baru-baru ini pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) tertangkap warga saat sedang melakukan aksinya di sebuah warung Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo pada Selasa (14/4/2020) malam.

Baca Juga : Jambret Mulai Marak, Korbannya Para Ibu yang Sedang Belanja

Beredar luas sebuah video, maling tersebut ketahuan oleh warga sehingga diamankan. Untungnya, warga yang berhasil menangkap maling itu mampu menahan amarahnya. Sehingga, tidak sampai terjadi perkelahian atau aksi main hakim sendiri.

Baca Juga : Keluarkan Surat Edaran, Mulai Besok Bupati Malang Minta Warga Tidak Keluar Rumah

Saat menggelandang maling tersebut, warga juga mengolok-olok dengan mengatakan maling-maling. Tersangka itu masih terlihat muda dengan menggunakan pakaian yang rapi yakni kemeja warna putih.

“Yo iku kon rasakno kon yo (ya itu rasakan kamu ya) maling-maling. Digowo mang polisi kono ae (dibawa ke polisi saja),” ucap seseorang dalam video singkat itu. 

Diketahui tersangka itu mencuri sepeda motor milik Edi, warga RT 01 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, yang terparkir di warung Nasi Empok Mak Sriati. Saat berniat mengambil motor tersebut, ada warga yang meneriaki tersangka dan mengejarnya.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

“Kejadian semalam terjadi di Kelurahan Dadaprejo itu saat ini ditangani oleh Reskrim Polres Batu. Pelaku mencoba untuk melakukan tindak curanmor,” ucap Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

“Pelaku ini ketahuan warga saat sedang menenteng sepeda motor yang kondisi sepeda motor itu berada di luar dan keburu ketahuan,” imbuhnya, Rabu (15/4/2020).

Saat warga sekitar memergoki pelaku tersebut, langsung ditindaklanjuti dengan membawanya ke kantor Satlantas yang berada di simpang tiga Pendem itu. “Dan pagi ini masih kami periksa,” jelas Harvi.