Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Begini Cara Unik Dinas PUPR Kota Malang Lepas Pegawai Pensiun

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

31 - Aug - 2018, 11:09

Serunya adu penalti proses pelepasan Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Malang Agus Pratoyo yang purnatugas. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Serunya adu penalti proses pelepasan Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Malang Agus Pratoyo yang purnatugas. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang memiliki cara tersendiri untuk melepas pegawainya yang memasuki masa purnatugas atau pensiun. Bukan pelepasan secara resmi melalui seremoni, melainkan dibalut dengan sebuah perlombaan dan tantangan untuk meningkatkan kekompakan.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (31/8/2018) pagi. Puluhan pegawai di lingkungan kerja Dinas PUPR berkumpul di halaman utama gedung untuk melakukan sederet lomba yang memacu adrenalin. Selain sebagai peringatan HUT Ke-73 RI, acara tersebut juga untuk melepas Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Agus Pratoyo yang resmi pensiun pada 1 September 2018 besok.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

"Saya purnatugas per 1 September besok. Dan hari ini teman-teman sengaja membuat acara pelepasan seperti ini," kata Agus Pratoyo kepada MalangTIMES, Jumat (32/8/2018).

Sejak masih pagi, para pegawai Dinas PUPR pun bersenang-senang bersama. Salah satu yang paling membuat acara semakin meriah adalah perlombaan bola tangan yang diikuti seluruh staf, baik laki-laki maupun perempuan. Sementara di akhir perlombaan, dilakukan adu penalti dan yang berlaku sebagai kiper adalah Agus Pratoyo.

Agus Pratoyo sendiri kelahiran Surabaya tanggal 28 Agustus 1960. Sejak masih tahun 1986, Agus mengabdi di Pemerintahan Kota Malang dengan menjadi seksi jalan dan jembatan di Dinas PUPR (dulu Dinas PU; red). 

Tahun 1990-an, Agus pindah dan menjadi kasi tata ruang di Badan Perencaanaan dan Pembangunan Daerah (sekarang Barenlitbang) Kota Malang. Berlanjut mengisi jabatan di inspektorat pada tahun 2000. Kemudian 2004 dan  2005 kembali menjadi kabid cipta karya dan kabid perencanaan Dinas PUPR Kota Malang. 

"Saat Dinas PU berubah nama sebagai Dinas PUPR, saya menjabat sebagai kabid pengawas dan pembangunan. Lalu 2015 pindah ke Disperindag dan 2017 kembali ke Dinas PUPR sebagai kabid cipta karya sampai pensiun besok," jelas Agus.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Lama mengabdikan diri di lingkungan Dinas PUPR, Agus merasa ada banyak penhalaman yang diperoleh. Dia pun sering terjun langsung ke lapangan bersama para staf untuk mengetahui kondisi terkini. "Memang terjun ke lapangan sangat penting. Dan saya harap setelah saya pensiun teman-teman semakin kompak daalam memberi layanan kepada masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Hadi Santoso menyampaikan bahwa kegiatan yang sekaligus untuk memperingati HUT RI itu memang rutin dilakukan setiap tahun. Meski sudah di akhir bulan, kegiatan tetap dilaksanakan sebagai wujud syukur atas kemerdekaan yang diperoleh.

"Ini untuk senang-senang ssekaligus meningkatkan kekompakan. Tidak ada hadiah yang besar, hanya sekedar handuk dan memang rutin dilakukan setiap memperingati HUT Indonesia," ungkapnya. (*)


Topik

Pemerintahan berita-malang Cara-Unik Pegawai-Pensiun Dinas-PUPR-Kota-Malang Hadi-Santoso


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni