Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kecamatan Bumiaji Butuh Sektor Pemadam Kebakaran

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - May - 2021, 18:01

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Dusun Lemah Putih, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)
Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Dusun Lemah Putih, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Sektor pemadam kebakaran sangat dibutuhkan di kawasan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sebab, jika terjadi kebakaran, khususnya di kawasan Desa Sumber Brantas, bisa cepat tertangani. 

Contohnya kebakaran Jumat (21/5/2021) malam yang terjadi di Dusun Lembah Putih, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji. Kebakaran terjadi seusai guncangan gempa Blitar dan listrik padam.

Karena markas komando yang berada di Balai Kota Among Tani, tim pemadam kebakaran membutuhkan waktu cukup lama untuk menjangkau desa tersebut. Desa Sumber Brantas berada di daerah pegunungan dan melalui jalan berkelok-kelok untuk ke sana. Kurang lebih petugas menempuh waktu 20 menit.

“Jarak jangkau dari mako (markas komando) melebihi radius respons time pemadam kebakaran. Kami harus menempuh waktu selama 20 menit (ke Sumber Brantas),” kata Kepala Bidang Operasional Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu Santoso Wardoyo.

Ia menambahkan, jarak tempuh selama 20 menit merupakan perjalanan yang lama untuk mengatasi kebakaran. Jadi,  dibutuhkan sektor pemadam kebakaran di Bumiaji untuk mempersingkat waktu menuju titik kebakaran sehingga cepat tertangani.

“Seharusnya dibangun sektor pemadam kebakaran di Kecamatan Bumiaji karena daerah terjauh di Kota Batu berada di kecamatan tersebut,” imbuh Santoso.

Jika nanti sektor pemadam kebakaran dibangun di Kecamatan Bumiaji, letak yang strategis untuk menjangkau semua kawasan di kecamatan tersebut adalah Desa Tulungrejo. “Letak yang bagus di Desa Tulungrejo,” ucap Santoso.

Menurut dia, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu sudah memiliki wacana memiliki sektor pemadam kebakaran di masing-masimg kecamatan di Kota Batu. Tujuannya agar respons mengatasi kebakaran lebih cepat dan tanggap.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni