Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Siapkan Rp 2,7 Miliar, Pemkot Batu Persiapkan Perpustakaan Umum yang Representatif

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Feb - 2021, 08:37

Salah satu pengunjung sedang memilih buku di perpustakaan Balai Kota Among Tani Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu pengunjung sedang memilih buku di perpustakaan Balai Kota Among Tani Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES  - Beragam upaya dilakukan Pemkot Batu untuk menarik minat baca warganya. Meskipun Pemkot Batu sudah memiliki perpustakaan umum di Balai Kota Among Tani, rupanya itu dinilai tidak cukup.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Batu mulai mempersiapkan tempat untuk menjadikan perpustakaan umum yang letaknya lebih representatif di Kota Batu. Rencananya tempat itu ada di Jalan Kartini, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Baca Juga : Dinkes Kota Batu Siapkan Shelter Cadangan untuk Pasien Isolasi Covid

Tempat tersebut merupakan salah satu aset milik Pemkot Batu atau bekas gedung Dinas Cipta Karya Kota Batu. Saat ini gedung tersebut tidak terpakai dan  hanya dimanfaatkan tempat parkir mobil pemadam kebakaran. 

 “Kami masih mempersiapkan pelimpahan aset gedung, dari pengampu sebelumnya ke kami. Semoga di-acc supaya bisa dipersiapkan untuk perpustakaan kota,” kata Kepala Bidang Perpustakaan Disperpusip Kota Batu Retno Purbawati.

Bahkan Disperpusip Kota Batu telah menyiapkan anggaran untuk menghadirkan perpustakaan umum kota. Nilainya Rp 2,7 miliar. Anggaran itu digunakan untuk rehabilitasi gedung. 

Jika gedung tersebut bisa dijadikan perpustakaan umum Kota Batu, dua lantai bisa dimanfaatkan. Ada kurang lebih 105 ribu jilid buku yang akan disiapkan dengan daya tampung 100 pengunjung.

“Luas gedung di Jalan Kartini itu tidak sampai seribu meter persegi. Tapi setidaknya gedung tersebut bisa menampung sampai 100 pengunjung. Rencananya akan kami siapkan juga fasilitas tambahan,” imbuh Retno.

Baca Juga : Satpol PP Kota Malang Terus Buru Lokasi yang Langgar Prokes dan Salahi Aturan

Rencananya, rehabilitas gedung bakal dimulai pada  2021 ini. Sebab,  tahapan perencanaan sudah diselesaikan oleh pihak konsultan. Sehingga tahap selanjutnya paket pekerjaan itu bisa dimasukkan ke bagian layanan pengadaan untuk dilakukan lelang.

“Segala upaya dilakukan Pemkot Batu, supaya menggugah minat baca anak hingga dewasa tinggi. Apalagi nanti lokasi representatif atau dekat dengan Alun-Alun Kota Batu,” tutup Retno. 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni