Dinkes Kota Batu Siapkan Shelter Cadangan untuk Pasien Isolasi Covid

Jan 31, 2021 19:05
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyapa warga yang diisolasi di Hotel Mutiara Baru beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyapa warga yang diisolasi di Hotel Mutiara Baru beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Ada 5 tambahan pasien terkonfirmasi positif  covid-19 di Kota Batu pada Minggu (31/1/2021.). Dengan demikian, pasien aktif kini mencapai  28 orang.

Mengantisipasi meningginya angka pasien positif covid,  Dinas Kesehatan Kota Batu mempersiapkan shelter cadangan. Seperti diketahui, saat ini Kota Batu memiliki shelter isolasi di Hotel Mutiara Baru. Shelter tersebut bisa mencapai 90 kamar. 

Baca Juga : 35 Nakes Klinik UMMI dan FKIK UIN Maliki Malang Jalani Vaksinasi

Shelter cadangan yang disiapkan salah satunya adalah El Hotel Kartika Wijaya. “Shelter cadangan ini disiapkan karena kami selalu harus membuat back up. Dan shelter ini disiapkan untuk persiapannya saja,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu drg Kartika Trisulandari.

Meskipun mempersiapkan shelter cadangan, Dinkes berharap shelter itu jangan sampai terpakai. Artinya, pasien covid dibarapkan turun.

Kartika menambahkan, pemerintah pusat sudah memberikan izin bahwa El Hotel bisa dijadikan shelter. Saat ini tinggal menunggu persetujuan dari tim satgas covid-19 Kota Batu. 

“Kami sudah menginfokan ke pusat dan telah memberikan izin. Tinggal persetujuan dari satgas,” jelas Kartika. Jika tim satgas menyetujui, Dinkes hanya menunggu surat keterangan penunjukan shelter. 

Tidak jauh berbeda dengan shelter Hotel Mutiara Baru, akomodasi dianggarakan Rp 300 ribu per orang di El Hotel. Dengan anggaran itu, pasien mendaparkan tiga kali makan dan dua kali snack. 

Baca Juga : Belum Direstui BPOM, ini Obat yang Diklaim Ampuh Lawan Covid-19

Hingga saat ini, angka kumulatif pasien covid Kota Batu 1.184 orang. Dari angka itu, jumlah asien yang dinyatakan sembuh ada 1.059 orang. Yang meninggal dunia ada 97 orang.

Kemudian kasus suspek terdapat 983 orang, probable ada 69 orang, diisolasi sejumlah 104 orang, dan discarded terdapat 887 orang. 

 

Topik
Wali Kota BatuDinkes Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru