Diklat Prajabatan Dosen Tetap Non-PNS, UM Gembleng Para Peserta

Jan 25, 2021 12:47
Diklat Calon Dosen non-PNS UM yang dilakukan secara daring (Ist)
Diklat Calon Dosen non-PNS UM yang dilakukan secara daring (Ist)

MALANGTIMES - Setidaknya ada 40 dosen calon dosen tetap non-PNS di Universitas Negeri Malang (UM) digembleng dalam Diklat yang digelar melalui Zoom meeting. Pelatihan dan pendidikan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi para dosen tetap non-PNS.

Diklat tersebut digelar selama 4 hari, mulai tanggal 18 Januari 2021 hingga 21 Januari 2021. Dari 40 orang calon dosen non-PNS itu, 37 diantaranya merupakan lulusan dari jenjang S3 dan 3 orang berasal dari jenjang S2.

Baca Juga : 56 Pelamar Surveyor Disdikbud Kota Malang Dites Tim Ahli Cagar Budaya

Dalam diklat itu, para calon dosen tetap UM non-PNS itu, 40 peserta mendapatkan 9 materi yang dipaparkan langsung oleh pemateri dari LP3 UM.

9 materi tersebut yakni, UM dulu, sekarang, dan masa depan, pembentukan karakter, wawasan kebangsaan dan nasionalisme, tri dharma perguruan tingi, kelembagaan, kepemimpinan akademik pada era revolusi industri 4.0, pelayanan publik, etika kehidupan kampus, serta etika dan moral pergaulan akademik kampus.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dosen UM agar dapat bekerja secara professional dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Kemudian ingin membentuk sikap dan karakteristik dosen UM yang bekerja lebih optimal dan mengenal UM lebih baik, sehingga dapat mencintai UM dan bekerja dengan sebaik-baiknya," Ujar Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D selaku Ketua LP3 UM.

Meski sempat mengalami gangguan teknis, menurutnya para peserta seluruhnya hadir. Sehingga tak terlalu menghambat jalannya pelatihan. Evaluasi program para peserta, menyatakan bahwa mereka tetap mendapatkan manfaat yang sangat baik dari materi yang dipaparkan.

Disisi lain, Wakil Rektor II Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd menambahkan, bahwa dalam materi yang diberikan pada diklat, telah mencakup bekal yang harus dimiliki para dosen tetap non-PNS.  

Baca Juga : BBPPMPV BOE Kota Malang Gelar Lomba Tumpeng Perdana 2021

Bekal tersebut, dalam kaitan kompetensi, integritas dan juga karakter untuk lembaga. Hal tersebut berlaku sama halnya dengan materi yang turut ditekankan pada dosen lain yang berstatus PNS. Secara regulasi, UM tidak membedakan dosen tetap PNS dan Non-PNS.

"Semuanya setara dalam perihal pemenuhan hak dan kewajiban," terangnya.

UM sudah merencanakan pengembangan SDM yang berbasis pada talenta dan produk. Peserta diklat diharapkan dapat menjadi dosen pelopor di bidang masing-masing yang mampu menggerakan tenaga baru dan muda untuk UM ke depannya.

Topik
diklat dosen non pns UMkampus UM Malangdosen non pns umBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru