Lahan 3 Ribu Meter Persegi, Dishub Akan Bangun Gedung Parkir 3 Lantai di Area Alun-Alun

Jan 24, 2021 19:31
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES-Dishub Kota Batu akan membangun gedung parkir berlantai 3 di area Alun-alun Kota Batu dengan luas lahan 3 ribu meter persegi.

Dengan adanya gedung parkir tersebut, nantinya akan mengurangi tingkat kemacetan. Mengingat banyak kendaraan wisatawan terparkir di area Alun-alun yang mengakibatkan kemacetan.

Baca Juga : Wali Kota Batu Sapa Warga Isolasi Terkonfirmasi Covid-19

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono mengatakan, gedung parkir lantai 3 ini akan dibangun di lahan milik Pemkot Batu dengan luas 3000 meter persegi.

"Kajian anggaran terkait pembangunan gedung parkir kira-kira sekitar Rp 100 juta. Nanti lantai 1 dan 2 untuk mobil. Sedangkan lantai 3 khusus sepeda motor. Dan kapasitas bisa mencapai seribu kendaraan per harinya," ujarnya, Minggu (24/1/2021).

"Ya mudah-mudahan pada tahun 2022 akan dilaksanakan pengerjaannya. Karena ini masih dalam proses kajian, untuk anggaran pembangunan masih belum tahu," ujarnya.

Dengan adanya pembangunan gedung parkir ini, ia berharap nantinya akan meningkatkan PAD Kota Batu di sektor retribusi parkir.

"Kota Batu ini kan Kota Wisata, jadi sangat berpotensi terjadinya perputaran ekonomi. Apalagi di Kota Batu ada 130 titik kantong parkir, yang kemudian nanti ditambah dengan gedung parkir yang baru ini, otomatis akan meningkatkan PAD Kota Batu," ujarnya.

Baca Juga : Februari Parkir Motor di Kota Batu Rp 2 Ribu, Berikut Daftar Tarif Lainnya

Di sisi lain, peran juru parkir (jukir) sangat penting. Gedung parkir baru itu nantinya akan dikoordinir oleh jukir.

Mengingat, terobosan yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu untuk para jukir yakni bakal menyertakan chip pada kartu identitas jukir di Kota Batu.

"Hal tersebut bertujuan agar pelayanan parkir dan juru parkir lebih tertib di Kota Batu. Nantinya chip pada kartu identitas itu berfungsi untuk absensi setiap juru parkir di Kota Batu. Kemudian chip itu akan dipindai melalui gawai atau ponsel masing-masing juru parkir," ujarnya .

Topik
Dishub Kota Batu Alun alun Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru