Februari Parkir Motor di Kota Batu Rp 2 Ribu, Berikut Daftar Tarif Lainnya

Jan 23, 2021 19:26
Parkir roda dua di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Parkir roda dua di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Kenaikan tarif parkir di Kota Batu bakal diberlakukan pada Februari tahun ini. Pemberlakuan ini seiring terbitnya Peraturan Wali Kota Batu nomor 148/2020 tentang juklak Perda Kota Batu nomor 3 tahun 2020 dan Peraturan Wali Kota Batu nomor 149/2020 tentang Tata Laksana Penarikan Retribusi disahkan per 1 Januari lalu.

Perubahan tarif retribusi parkir di tepi jalan rinciannya, jika semula tarif sepeda motor Rp 1.000 naik jadi Rp 2 ribu. Lalu mobil pribadi, taksi, pikap semula Rp 2 ribu jadi Rp 3 ribu. Kemudian untuk truk, bus mini dari Rp 3 ribu menjadi Rp 5 ribu. Dan bus dan truk gandeng semula Rp 7 ribu jadi Rp 10 ribu.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, Pemkot Batu Bakal Minta Ini

Dengan kebijakan baru itu, Dinas Perhubungan Kota Batu optimis bisa mewujudkan target retribusi parkir di tahun 2021 ini. Yakni sebesar Rp 8,5 miliar, tentunya jumlah ini terpaut tinggi jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. 

“Dengan perubahan tarif ini kami optimis bisa mencapai target yang ditentukan. Apalagi pembayarak juru parkir nanti langsung disetorkan ke bank,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Imam Suryono. 

“Kami meminta juga kepada juru parkir di seluruh Kota Batu kerjasamanya ke depan. Apalagi perolehan dari sektor parkir ini 60 persen untuk mereka, 40 persen untuk kas daerah,” imbuhnya.

Dinas Perhubungan Kota Batu juga telah mendata setidaknya ada 130 kantong parkir yang ada di Kota Batu. Dengan masing-masing titiknya diberlakukan target.

Baca Juga : BPS Kota Malang Rilis Sensus Penduduk 2020, Laju Pertumbuhan Penduduk 0.27 % Pertahun

Selain itu setiap tiga bulan, mereka akan melakukan evaluasi terhadap kinerja juru parkir tersebut. Jika mereka tidak dapat memenuhi target, Dinas Perhubungan siap-siap akan mengganti juru parkir itu.

Topik
Berita Batu parkir di kota batu Tarif Parkir Baru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru