Bupati Sanusi Sebut PPKM Efektif untuk Menekan Kasus Covid-19

Jan 21, 2021 17:58
Bupati Malang Sanusi (pakai peci) saat menjelaskan evaluasi selama penerapan PPKM (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Bupati Malang Sanusi (pakai peci) saat menjelaskan evaluasi selama penerapan PPKM (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bupati Malang Sanusi, mengklaim jika adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak secara signifikan terhadap penurunan penyebaran kasus Covid-19.

”Kita lihat selama ini, menurut saya upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang lebih efektif jika menerapkan PPKM dari pada tidak PPKM,” ungkapnya saat ditemui awak media di gedung Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga : Operasi Yustisi Sumbang Kas Pemkab Malang Rp 8 Juta, Pemakaian Masker Dominasi Pelanggaran

Klaim lebih efektif itu, dijelaskan Sanusi, dibuktikan dengan adanya data penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Malang selama menerapkan PPKM.

”Ada penurunan kasus. Lebih rendah untuk Kabupaten Malang. Laporan dari Dinkes (Dinas Kesehatan, Kabupaten Malang) selama PPKM ini untuk angka kasusnya (penyebaran Covid-19, red) mengalami penurunan,” terangnya.

Selain kasus Covid-19 yang diklaim Sanusi mengalami penurunan, jumlah pasien yang terpapar Covid-19 dan dinyatakan meninggal dunia, datanya juga tidak mengalami peningkatan secara signifikan selama PPKM berlangsung.

”Kata Dinkes (persentase angka kematian akibat Covid-19, red) malah menurun dengan adanya ini (PPKM), karena orang-orang lebih disiplin sekarang. Tapi untuk angkanya, secara teknis ada di Dinkes (Kabupaten Malang),” jelasnya.

Tidak hanya Sanusi, dalam pemberitaan sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat juga menyampaikan, jika tingkat kesadaran masyarakat selama PPKM mencapai persentase hingga 80 persen.

Lanjutnya, meski diklaim efektif untuk menekan penyebaran Covid-19 walau PPKM baru berjalan selama 11 hari, namun Sanusi memilih untuk menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait apakah PPKM di Kabupaten Malang diperpanjang atau tidak.

Baca Juga : Pekan Kedua PPKM Ada 393 Tempat Usaha yang Bandel, Pemkab Malang “Ancam” Bakal Disegel

”Itu (keputusan PPKM diperpanjang) tergantung dari pusat, karena PPKM ini ada pada keputusan pusat. Tapi kalau diperpanjang, nanti pasti akan kami (Pemerintah Kabupaten Malang) ikuti,” lugasnya.

Sekedar diketahui, merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2021, PPKM di beberapa daerah pemerintahan yang ada di Jawa dan Bali berlangsung selama dua pekan. Yakni mulai tanggal 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang.

”Kabupaten Malang akan mengikuti seluruh aturan yang telah ditetapkan oleh pusat, karena memang bukan kewenangan Pemkab Malang untuk memperpanjang atau tidak (PPKM),” tandasnya.

 

Topik
ppkm kabupaten malang ppkm efektif tekan kasus covid 19 Bupati Malang Sanusi Sekda Kabupaten Malang berita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru