Imbauan Diskopindag untuk koperasi wajib melakukan RAT (Ist)
Imbauan Diskopindag untuk koperasi wajib melakukan RAT (Ist)

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, memberikan imbauan terhadap koperasi yang ada di Kota Malang. Imbauan tersebut yakni tentang keharusan koperasi untuk melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) meskipun di tengah masa pandemi Covid-19.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto membenarkan, jika pihak Diskopindag memberikan imbauan agar para koperasi melakukan RAT melalui surat edaran yang diberikan kepada semua koperasi. Sebab, kendati masih dalam masa pandemi, tak bisa dijadikan alasan untuk tidak melakukan RAT.

Baca Juga : Pastikan PPKM Berjalan, Forkopimda Kabupaten Malang Bakal Masif Gelar Operasi Gabungan

"RAT itu merupakan kewajiban pengurus koperasi untuk memberikan dan melaporkan kondisi koperasi selama satu tahun. Dan dengan RAT ini bisa diketahui atau menunjukkan apakah koperasi tersebut dalam keadaan sehat atau tidak," ungkapnya saat dihubungi, Rabu, (13/2/2020).

Karena keharusan RAT tersebut digelar, namun masih dalam masa pandemi Covid-19, kemudian Diskopindag memberikan imbauan melaksanakan RAT secara daring melalui telekonferensi, video konferensi atau sarana media elektronik lainnya.

Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri KUKM No 19 Tahun 2015, Surat Gubernur Jatim nomor 30 tahun 2020 dan Perwal Kota Malang nomor 30 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Malang.

Namun meskipun begitu, Diskopindag masih memberi sedikit kelonggaran untuk melaksanakan RAT secara luring. Akan tetapi, hal tersebut dengan catatan harus benar-benar mengetatkan atau menerapkan protokol kesehatan.

"Sekarang kan sudah mulai ada kegiatan RAT Koperasi, kami mengimbau RAT tetap harus dilaksanakan. Namun sebaiknya dengan memakai daring mengingat pandemi covid 19. Bisa bertatap muka, namun protokol kesehatan tetap dipakai sesuai dengan peraturan yang ada," tutur Wahyu.

Baca Juga : PPKM Tak Ada Posko Check Point, Bupati Malang Sanusi: Kita Masifkan Operasi Yustisi

Selain itu, sebelum digelarnya RAT secara daring ataupun luring, pengurus diharuskan memberikan materi RAT secara jelas dan gamblang kepada para anggota selambat-lambatnya tujuh hari sebelum dilaksanakannya RAT.

Untuk persyaratan kuorum dan sahnya pengambilan keputusan rapat anggota, adalah sebagaimana diatur dalam anggaran dasar, anggaran rumah tangga, peraturan khusus koperasi.

"Kalau luring tentu pesertanya 50 persen dari kapasitas gedung atau tempat kegiatan. Menerapkan protokol kesehatan 3 M, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Sebelum masuk ruangan juga harus dilakukan pengecekan suhu badan, maksimal 37,3 Celcius yang diperkenankan masuk ruangan," pungkasnya.