Bupati Malang Sanusi saat menjabarkan hasil evaluasi PPKM hari pertama di Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang Sanusi saat menjabarkan hasil evaluasi PPKM hari pertama di Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bupati Malang Sanusi memastikan jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Malang sudah berjalan. Hal itu ditegaskan Sanusi usai menghadiri rapat pembahasan PPKM di Gedung Anusapati, Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Senin (11/1/2021).

”Setelah Sabtu (9/1/2021) diadakan rakor (rapat koordinasi) itu, hari Minggunya (10/1/2021) mereka (camat) sudah rakor dengan seluruh Kades dan Muspika. Saat ini di daerah sudah jalan semua, dan ini (PPKM) sudah tersosialisasi,” ucapnya.

Baca Juga : Ingin Berwisata di Kota Batu Selama PPKM, Cek Ketentuan ini agar Tak Rugi

Meski memastikan PPKM sudah diterapkan di wilayah Kabupaten Malang, namun jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang, terpantau bakal masif melakukan patroli gabungan guna memastikan penerapan PPKM berjalan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2021.

”Mulai nanti malam saya berencana patroli dengan Forkopimda, jam 18.00 WIB. Agendanya akan kumpul dulu di Polres (Malang) terus melakukan patroli di beberapa daerah yang ada di Kabupaten Malang,” terangnya.

Orang nomor satu dijajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini menuturkan, jika selain menyasar daerah yang rawan kerumunan massa. Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang juga bakal melakukan sosialisasi soal PPKM di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes).

”Kita akan patroli di tempat-tempat keramaian dan melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren. Kemungkinan ada 3 ponpes yang akan kita kunjungi untuk mensosialisasikan kebijakan PPKM ini,” timpal Sanusi.

Salah satu hal yang akan disosialisasikan di lingkungan para santri tersebut, meliputi kebijakan dalam Instruksi Menteri dalam Negeri nomor 1 tahun 2021, tentang pemberlakuan pembelajaran secara daring.

”Di pondok pesantren tentunya akan kita sesuaikan. Nanti kita beri sosialisasi ke pengasuhnya bahwa menurut Instruksi Mendagri itu proses belajar mengajar harus melalui daring,” tegasnya.

Baca Juga : Boleh Gelar Hajatan Saat PPKM, Warga Kota Batu Harus Patuhi ini!

Tidak hanya menyasar tempat keramaian dan Pondok Pesantren saja, menurut Sanusi, patroli yang dilakukan oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Malang tersebut juga bakal menyasar tempat wisata, yang memang tetap beroperasi selama PPKM berlangsung.

”Tempat wisata tetap buka, nanti juga akan diagendakan patroli. Tergantung hasil koordinasi dengan Kapolres Malang nanti seperti apa soal skema patroli di wisata itu,” tukasnya.