Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

MALANGTIMES - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai dilaksanakan pada 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang. Berbagai aktivitas pun mulai dibatasi. Meski begitu, beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan masyarakat masih diperbolehkan dan tak dilarang sebagaimana Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu nomor 440/39/422.011/2021. 

Salah satu kegiatan yang tak dituliskan sebagai agenda terlarang selama pelaksanaan PPKM sesuai SE tersebut adalah prosesi hajatan. Dengan demikian, kegiatan hajatan masih diperbolehkan oleh Pemkot Batu. Diperbolehkannya menggelar hajatan itu tetap harus dilaksanakan dengan memperhatikan beragam persyaratan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga : Polisi Singgung Kendaraan Operasional Kades, Bupati Sanusi Siap Menganggarkan

Ya tentunya harus dengan mematuhi protokol kesehatan saat pandemi Covid-19. Dengan mentaati 4M (memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan). Kemudian membatasi jumlah kunjungan dari kapasitas ruangan.

“Terkait dengan misalnya hajatan pernikahan pasti sudah ditentukan tanggal baiknya, kasihan nanti kalau tidak diperbolehkan. Intinya harus patuhi protokol kesehatan 4M,” ungkap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. 

Lain halnya dengan kegiatan di tempat ibadah yang dilaksanakan dengan pengaturan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. “Demikian juga di tempat ibadah, hanya pengurangan kapasitas 50 persen,” urainya. 

Menurutnya juga tidak ada penutupan terkait dengan tempat pariwisata di Kota Batu. Melihat di tengah pandemi Covid-19 meski dibuka dengan pengurangan kapasitas 50 persen, sayangnya jumlah itu tidak bisa terpenuhi.

Baca Juga : Masuk Desa di Kabupaten Malang Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test selama PPKM

“Hanya jam operasional seperti restoran dibuka mulai 07.00 sampai 20.00. Dengan pengurangan kapasitas ruangan 50 persen, juga berlaku dengan jam operasionalnya,” jelas politisi PDIP ini.

Saat dilaksanakan PPKM itu Satgas Penanganan Covid-19, Polres Batu, bersama Kodim 0818 Malang Batu bakal melakukan penegakkan disiplin. Dewanti juga meminta kepada selama dilaksanakan PPKM agar warganya mematuhi protokol kesehatan.