Kadet 1947 (Foto:  Majalah ICT)
Kadet 1947 (Foto: Majalah ICT)

MALANGTIMES - Pada Juli 1947 silam, tengah terjadi pengeboman udara di Jawa Tengah.  Pengeboman itu dilakukan oleh sejumlah kadet atau sebutan untuk pelajar penerbangan.  

Peristiwa itu telah menjadi pengeboman udara pertama di Indonesia karena Belanda melanggar perjanjian Linggarjati di masa Agresi Militer I.  

Baca Juga : Prekuel Serial Televisi Game of Thrones Siap Syuting Tahun Depan, Bakal Dirilis 2022

Rupanya kisah pengeboman ini akan diangkat ke dalam film layar lebar bertajuk "kadet 1947".  Film ini digarap oleh Temata Studio yang bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Screenplay Films. Sementara, Rahabi Mandra dan Aldo Swastia didapuk menjadi sutradara dan penulis naskah untuk film ini.  

Meski peristiwa sejarah, nantinya film ini akan mengeksplor unsur drama dari kisah pengeboman udara tersebut.  

Sebelum produksi dimulai, penulis dan sutradara sempat melakukan riset guna mengenali kisah sejarah yang akan diangkat dalam film Kadet 1947 ini.  Mulai dari kondisi sosial, ekonomi hingga apa yang dibahas.  

Film ini dibintangi oleh sederet artis papan atas tanah air seperti evin Julio sebagai Mulyono, Baskara Mahendra sebagai Sutardjo Sigit, Ajil Ditto sebagai Suharnoko Harbani, Samo Rafael sebagai Bambang Saptoadji, Wafda sebagai Sutardjo, dan Fajar Nugra sebagai Kaput.

Ada pula Chicco Kurniawan sebagai Dulrachman, Andri Mashadi sebagai Agustinus Adisucipto, Ario Bayu sebagai Soekarno, Ibnu Jamil sebagai Halim Perdana Kusuma, Ramadan Al Rasyid sebagai Abdul Rahman Saleh, Mike Lucock sebagai Soerjadi Soerjadarma.

Kadet 1947 juga akan menghadirkan Ernest Samudra sebagai Basyir Surya, Tatyana Akman sebagai Rosma, Lutesha sebagai Nila, dan Niken Anjani sebagai Rahayu.

Awalnya, film ini direncanakan rilis pada Agustus 2020 untuk memeriahkan HUT Ke-75 RI. Sayangnya, proses syuting yang seharusnya dimulai awal Maret 2020 harus ditunda karena pandemi covid-19  

Baca Juga : Kerja Sama dengan LBH Jakarta, Tashoora Luncurkan Single Terbaru Bertajuk Aparat

Namun kini proses syuting rupanya akan segera dimulai lagi.   Pengambilan gambar akan besar dilaksanakan di Yogyakarta.  

Manriknya, film ini nanti akan digarap langsung lebih dari 300 orang tim produksi termasuk para aktor.   Selain itu, salah satu properti syuting, film ini langsung mendatangkan pesawat tempur warisan Jepang.  

Syuting akan dilakukan di tempat-tempat terbuka seperti tanah lapang, hutan dan sungai.   Namun hingga kini belum diketahui kapan film Kadet 1947 ini dijadwalkan untuk rilis.