Para personel satgas DPUPRPKP saat melakukan penambalan lubang jalan di Jalan Candi Mendut. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Para personel satgas DPUPRPKP saat melakukan penambalan lubang jalan di Jalan Candi Mendut. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPK) Kota Malang menambal lubang di Jalan Candi Mendut dengan paving block.

Sebelum ditambal, sepanjang Jalan Candi Mendut banyak dihiasi lubang  mengangga yang cukup membahayakan para pengendara atau pengguna jalan. Lubang semakin parah dan bertambah besar lantaran genangan air hujan.

Baca Juga : Persiapan Capai 90 Persen, Rusunawa ASN Siap Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Kepala DPUPRPK Kota Malang Hadi Santoso menjelaskan, kegiatan tutup lobang di Jalan Candi Mendut dilakukan sementara sembari menunggu pelaksanan kegiatan pengaspalan bisa dilakukan.

Penambalan sengaja dilakukan dengan material keras seperti paving. Sebab, nantinya jika ditambal sementara dengan aspal, maka akan percuma karena saat ini curah hujan masih tinggi. Diitambah lagi di sekitar lokasi masih terdapat cerukan yang bisa membuat air tergenang.

"Penambalan jalan tersebut juga dilakukan di jalan lainnya sambil menunggu pelaksanan kegiatan. Atau yang urgen segera dilakukan penutupan lubang jalan," beber Hadi Santoso (7/4/2020)

Untuk Jalan Candi Mendut, perbaikan jalan sudah masuk pada program tahun 2020. Anggaran yang digunakan dalam perbaikan berasal dari dana alokasi khusus (DAK).

Namun, karena saat ini masih terdapat penundaan terhadap kegiatan DAK, maka sementara dilaksanakan dengan penambalan dengan paving. Hal ini dilakukan agar jalan sementara bisa dilewati pengendara dan tidak membahayakan para penguna jalan.

Baca Juga : Banyak Manfaat Kantongi SLF, Berikut Syarat-Syarat Kepengurusannya

"Selanjutnya akan diprogramkan pengaspalan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah," pungkas Hadi Santoso.