Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono (2 dari kanan) bersama Ketua DPRD Sementara Didik Gatot dan Bupati Malang Sanusi di Djaten Park, Ngebruk, Sumberpucung (Nana)
Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono (2 dari kanan) bersama Ketua DPRD Sementara Didik Gatot dan Bupati Malang Sanusi di Djaten Park, Ngebruk, Sumberpucung (Nana)

MALANGTIMES - Geliat wisata desa di Kabupaten Malang terus mencuri perhatian banyak kalangan. Tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang juga semakin aktif memberikan dukungannya.

Hal ini terlihat dalam peresmian wisata desa yang dinamakan Djaten Park, Kebonsari, Ngebruk, Sumberpucung. Sebuah lokasi yang berada di lingkup hutan jati milik Perhutani yang ditata oleh para pemuda Desa Ngebruk yang tergabung dalam Komunitas Maju 58 (dibaca Maju Mapan).
Peran para pemuda yang melihat sebuah potensi untuk menggerakkan perekonomian warga tersebut itulah yang mendapat apresiasi khusus dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Didik Budi Muljono.

Menyatir ucapan Soekarno, "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia,". Didik Budi secara khusus menyampaikan, bahwa pembangunan di Kabupaten Malang akan cepat terwujud bila para pemudanya hebat.

"Pada para pemuda hebat yang memiliki kepedulian tinggi untuk ikut serta membangun inilah, harapan besar kita atas keberhasilan pembangunan di Kabupaten Malang," kata Didik Budi, Selasa (24/09/2019) kepada MalangTIMES.
Didik Budi pun menyepakati ucapan Soekarno terkait pemuda hebat. Dimana, dengan peran serta mereka, tiga program strategis Kabupaten Malang bisa terwujud. 

"Kita lihat di Djaten Park ini. Dengan keterlibatan para pemuda maka, wilayah yang dulunya hanya pohon jati bisa jadi wisata. Eksesnya tentu terhadap perekonomian warga sekitar. Ini sesuai dengan program strategis kita, pengentasan kemiskinan, optimalisasi pariwisata dan lingkungan hidup," urainya.

Didik Budi juga berharap seluruh pemuda di Kabupaten Malang menjadi laskar hebat yang mampu mengungkit berbagai potensi yang belum atau tidak tersentuh sampai saat ini.

"Kita bayangkan para pemuda bangkit untuk mengeksplor potensi di wilayahnya masing-masing. Maka Kabupaten Malang akan semakin hebat dalam berbagai pembangunannya," ujar Didik Budi yang mendampingi Bupati Malang Sanusi dalam acara peresmian wisata Djaten Park, Kebonsari, Ngebruk.

Selain memberikan dorongan motivasi dan harapan besar, Didik Budi bersama Sanusi dan juga Ketua DPRD Sementara Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, memberikan juga bantuan kepada masyarakat sekitar. Berupa  sembako dan beras sebanyak 50 paket, bibit tanaman untuk penghijauan, serta penyerahan sertifikasi organik kepada Gapoktan Dadi Makmur, Ngebruk.

Di kesempatan yang sama, Dodit Sugiarto penggagas dan penasihat komunitas maju mapan, yang juga menginisiasi Djaten Park, menyampaikan, bahwa kunjungan para pejabat Kabupaten Malang ke lokasi wisata terbilang baru ini, sebagai motivasi bagi seluruh pemuda Ngebruk.

Dirinya menyampaikan rasa terimakasihnya atas mulai diliriknya potensi desa wisata tersebut. "Tentunya kita berterimakasih untuk ini. Dengan adanya acara ini, keberadaan Djaten Park akan semakin dikenal banyak orang," ujarnya.

Dodit juga memiliki pandangan sama dengan yang disampaikan Didik Budi, terkait peran pemuda dalam proses pembangunan. "Awalnya memang kami target para pemuda untuk yang ibaratnya buka alas di Jaten ini. Karena saya melihat semangat mereka untuk berubah ke arah yang lebih baik. Selain itu Djaten Park juga bisa jadi lahan tambahan penghasilan mereka setelah jadi lokasi wisata," ucapnya.

Djaten Park secara lokasi memang menjanjikan untuk destinasi wisata keluarga. Lokasi yang mudah dijangkau dengan jalan aspal masuk desa yang mulus, suasana hutan yang alami serta berbagai pendukung wisata lainnya di lokasi. Membuat Djaten Park bisa jadi ruang belajar berbagai tetumbuhan, sekaligus ruang relaksasi  untuk acara-acara gathering, berkemah serta aktivitas alam lainnya. 

Dengan luas 108 hektar (ha), wilayah perhutani di Kebonsari, Ngebruk, ini masih terbuka lebar menyediakan berbagai aktivitas alam. Seperti jelajah hutan jati sampai pada permainan ketangkasan yaitu War Game's.