Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Keutamaan Tarawih Malam ke 17: Dapat Pahala seperti Para Nabi

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

27 - Mar - 2024, 16:21

Ilustrasi salat tarawih. (Foto dari internet)
Ilustrasi salat tarawih. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Dalam bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan berkah dan ampunan Allah SWT.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan ini adalah salat tarawih, yang dilakukan setiap malam untuk menambah pahala dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Baca Juga : 8 Adab Bertamu di Hari Lebaran Sesuai Anjuran Rasulullah

Setiap malam memiliki keutamaan tersendiri, dan malam ke-17 Ramadan memiliki fadhilah yang istimewa.

Berdasarkan keterangan dalam Kitab Durratu an-Nasihin, fadhilah salat tarawih malam ke-17 yakni mendapatkan ganjaran pahala sebagaimana pahala para nabi bagi pelakunya. Berikut bunyinya,

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّابِعَةَ عَشَرَةَ يُعْطَى مِثْلَ ثَوَابَ الْاَنْبِيَاءِ

Artinya: "Pada malam ketujuh belas, diberikan pahala kepadanya seperti pahala nabi-nabi,"

Perlu dicatat, KH M. Syafi'i Hadzami mengatakan, hadits mengenai fadhilah-fadhilah salat tarawih dalam Kitab Durratu an-Nasihin tersebut tidak dapat ditemukan pada kitab-kitab Mu'tabar lainnya. Dalam artian, hadits di atas hanya ada dalam Kitab Durattu an-Nasihin.

Sebab itu pula, sebagian ulama ada yang beranggapan derajat hadits tersebut lemah. Peneliti hadits Dr Lutfi Fathullah yang dikutip dalam buku 89 Kesalahan Seputar Puasa Ramadhan oleh Abdurrahman Al-Mukaffi menambahkan pendapat berdasarkan hasil penelitiannya.

Ia menyebut, hadits tersebut tidak terdapat dalam kitab-kitab hadits mu'tamad atau kitab hadits yang dapat dijadikan pegangan. 

"Jika seseorang mencari hadits tersebut di kitab-kitab referensi hadits, niscaya tidak akan menemukannya," kata Dr Lutfi dalam disertasinya.

Baca Juga : Peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H, Momen Kokohkan dan Kuatkan Karakter Al-Qur'an Para Siswa MTsN 2 Kota Malang

Meski demikian, ada riwayat hadits mengenai fadhilah salat tarawih yang berderajat shahih. Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang mendirikan salat tarawih dengan beriman dan ikhlas, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya yang telah lalu,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda bahwa amal salat tarawih berjamaah dicatat seperti halnya salat semalam suntuk. Berikut haditsnya,

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

Artinya: "Siapa saja yang ikut salat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti salat semalam suntuk." (HR. Abu Daud dan Turmudzi).


Topik

Agama salat tarawih keutamaan malam 17


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri