Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Lebaran 2024, Polisi Siapkan Skema Pengalihan Arus Lalu Lintas

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Mar - 2024, 20:54

Ilustrasi kepadatan kendaraan di simpang empat Karanglo. (Foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)
Ilustrasi kepadatan kendaraan di simpang empat Karanglo. (Foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada momentum lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, jajaran Polres Malang telah menyiapkan skema pengaturan hingga pengalihan arus lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan. 

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Ipda Andi Agung menyampaikan, bahwa pengalihan arus lalu lintas tersebut telah dibahas dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) pada Kamis (14/3/2024) lalu. 

Baca Juga : Open House FKIK UIN Maliki Malang, Disambut Antusias Siswa SMA-SMK se-Jawa TimurĀ 

Andi menuturkan, bahwa skema-skema pengalihan arus lalu lintas berkaca pada kondisi lalu lintas saat lebaran di tahun-tahun sebelumnya. 

Pihaknya menyebutkan, terdapat dua titik wilayah yang menjadi langganan penumpukan kendaraan. Kedua wilayah tersebut terbagi atas dua kawasan, yakni Malang Utara dan Malang Selatan. 

"Untuk titik kepadatan arus biasanya volume meningkat di jalur utara mulai dari gerbang Tol Singosari sampai dengan arah menuju ke Batu lewat Karangploso," ungkap Andi. 

Menurutnya, khusus di wilayah simpang empat Karanglo yang menjadi langganan kemacetan yang disebabkan oleh penumpukan volume kendaraan saat lebaran, pihaknya telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas. 

"Terkait peningkatan volume khususnya dari arah tol, apabila situasi sudah padat yang dari arah Karanglo sampai ke Karangploso dan tidak mencukupi, akan diambil langkah pengalihan arus, khususnya dari gerbang Singosari dialihkan menuju Pakis maupun Malang," tutur Andi. 

Untuk penerapannya sendiri, pihaknya mengaku masih akan membahas lebih lanjut bersama FLLAJ Kabupaten Malang. Pasalnya, dalam menerapkan pengalihan arus lalu lintas di dalam tol terkait dengan akses pintu keluar tol, pihaknya akan melihat situasi dan kondisi perkembangan lalu lintas saat momentum mudik lebaran 2024 ke depan. 

"Untuk penerapannya, melihat situasi perkembangan kondisi jalan. Jadi tidak terjadwal secara hari, namun melihat kondisi perkembangan di lapangan," kata Andi. 

Sementara itu, terdapat satu titik lagi yang menjadi langganan penumpukan kendaraan hingga menyebabkan kemacetan panjang, yakni di simpang empat Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Nekat Gunakan Sound, Kelompok Ronda di Tulungagung Ini Diamankan Polisi

"Untuk di wilayah selatan (pengalihan arus lalu lintas) di simpang Talangagung sampai dengan ke barat mengarah ke Blitar," tutur Andi. 

Pasalnya, berkaca pada momentum lebaran tahun 2023 lalu, terjadi penumpukan kendaraan yang sangat panjang. Hal itu menyebabkan pihak kepolisian harus mengalihkan arus lalu lintas kendaraan yang dari arah Jalibar Kepanjen untuk masuk berputar terlebih dahulu ke Terminal Talangagung Kepanjen. 

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan mudik ke luar kota atau pemudik luar kota yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Malang agar terap menjaga kondisi kesehatan, baik pengendara maupun kondisi kesehatan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. 

"Sehingga tidak mengganggu atau tidak menghambat perjalanan apalagi dalam kondisi lelah," kata Andi. 

Terlebih lagi, nantinya dalam momentum mudik lebaran 2024, pihak Polres Malang akan menyiapkan delapan pos pengamanan, satu pos pelayanan, tiga pos pantau dan satu pos yang bersifat mobile. 

"Kita juga sudah siapkan pos pengamanan. Pemudik bisa istirahat di sana atau di rest area yang sudah disiapkan baik di jalur tol maupun di jalur arteri," pungkas Andi.


Topik

Peristiwa Mudik Lebaran pengamanan mudik lebaran Polres Malang pos pengamanan arus mudik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni