Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Tak Banyak yang Tau, Camilan Punya Peran Penting Bagi Mental Health

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

03 - Jul - 2022, 13:12

Ilustrasi camilan (pixabay)
Ilustrasi camilan (pixabay)

JATIMTIMES - Camilan dengan beragam jenisnya, tentunya banyak disukai berbagai kalangan. Meskipun begitu, beberapa orang yang tengah diet, terkadang begitu menghindari untuk mengkonsumsi camilan. Mungkin belum banyak yang tahu, jika camilan ini mempunyai manfaat positif. 

Berdasarkan survei tahunan Mondelez Internasional the State of Snacking, mengungkap jika camilan punya peran penting bagi mental health. 

Survei The State of Snacking tahun ke-3 ini mengungkap bahwa 93% responden mencari camilan untuk meningkatkan mental health, lebih tinggi dibandingkan data global yang tercatat yakni 75%.

Hasil survei The State Of Sncaking tahun ke 3, 93 persen responden mencari camilan guna meningkatkan mental health. Data ini bahkan lebih tinggi dibandingkan data global yang tercatat 75 persen.

Self-reward atau hadiah untuk diri menjadi motivasi utama mereka yang memilih camilan. Bahkan, mereka yang menyampaikan hal ini, dengan presentase yang cukup tinggi, yakni sebesar 72 persen. 

Selain itu, 61 persen responden setuju, jika kegiatan ngemil merupakan waktu untuk membebaskan diri dari beban mental yang mengelilingi setiap harinya. 61 persen responden itu juga setuju jika camilan memang seharusnya ditujukan untuk kebahagiaan dan kepuasan diri.

Secara biologis, dari informasi yang terhimpun, perilaku makan atau ngemil dapat menyalakan reward system di otak yang menghasilkan hormon bahagia atau dopamine.

Dari survei, kegiatan ngemil juga memberikan manfaat positif bagi berbagai kalangan, utamanya kaum mileneal. Memberikan rasa kenyamanan yang dibutuhkan seseorang ketika seseorang tengah melakukan kegiatan istirahat atau dalam kegiatan lain seperti saat sedang bekerja. 

Selain itu, ngemil juga memberikan rasa kenyamanan yang dibutuhkan ketika seseorang sedang melakukan istirahat atau menyelesaikan pekerjaan, terutama bagi milenial dan Gen Z.

Untuk itulah, camilan merupakan salah satu hal yang penting bagi kehidupan, utamanya sebagai self reward.  Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami bahwa self reward menjadi sesuatu hal yang penting. Sebab, hal tersebut akan mendukung untuk peningkatan kinerja, kesehatan mental mauapun fisik seseorang.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus