Median Jalan Basuki Rahmat Dibongkar, Bakal Diterapkan Satu Arah

Feb 24, 2021 11:08
Median di Jalan Basuki Rahmat Kota Malang yang  dibongkar untuk realisasi jalan satu arah. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Median di Jalan Basuki Rahmat Kota Malang yang dibongkar untuk realisasi jalan satu arah. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES  - Median jalan di kawasan Jalan Basuki Rahmat sudah selesai  dibongkar. Rencananya, di jalan itu akan diterapkan jalur satu arah dari utara menuju selatan. 

Kasi Manajemen Rekayasa dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Heriono menyebutkan, dari hasil rapat forum lalu lintas dan amdal lalu lintas, ada rencana penerapan jalur satu arah di Jalan Basuki Rahmat. Penerapan satu arah itu sebagai bagian dari dicanangkannya Kayutangan Heritage.

"Ini  program pemerintah, yakni Kementerian PUPR. Memang untuk satu arah. Dari (perempatan, red) Rajabally ke selatan sampai depan Sarinah. Amdal lalinnya begitu," ungkapnya, Rabu (24/2/2021). 

Heriono melanjutkan, untuk penerapannya, Dishub belum dapat memastikan dan menunggu keputusan Wali Kota Malang Sutiaji.  "Itu belum ada perintah dari wali kota. Lalu bagaimana dengan amdal lalinnya? Aamdal lalinnya sudah dibuat setahun yang lalu dari UB (Universitas Brawijaya)," ucapnya. 

Terkait beberapa titik rawan kemacetan di sekitar kawasan Kayutangan, Heriono menuturkan bahwa Dishub telah memetakan beberapa hal. Masalah itu masih digodok  untuk pengambilan keputusan dan kebijakan. 

"Jadi, semuanya itu sudah diantisipasi. Bagaimana nanti yang dagang di selatan itu, semua sudah diatur di amdal lalinnya. Dulu itu ada ren A dan ren B. Untuk ren A, satu arah dari selatan ke utara. Untuk ren B nya dari arah utara ke selatan," katanya. 

Sebagai informasi, untuk mengantisipasi kemacetan dan demi  kelancaran pengendara yang nantinya melintas di Jalan Basuki Rahmat jika diberlakukan jalur satu arah, rencananya bakal ada sterilisasi parkir di kawasan Kayutangan. "Jadi, di Kayutangan itu (nanti, red) ada steril parkir. Konsepnya begitu," ujar Heriono. 

Sementara, tahun 2021 ini, selain Jalan Basuki Rahmat yang akan diterapkan jalur satu arah, sebelumnya ada titik yang sudah diberlakukan jalur satu arah. Yakni Jalan  Sawojajar. 

Di Jalan Sawojajar, pengendara dari arah selatan menuju utara dapat melalui jalur Jalan  Sawojajar kampung. Dan pengendara dari arah utara menuju selatan dapat melalui Jalan  Sawojajar pertokoan WOW.

Selain itu, telah diberlakukan jalur satu arah di kawasan Stadion Gajayana. Pengendara dari Jalan Semeru yang ingin ke selatan atau Jalan Kawi bisa melalui Jalan Tenes. Dan  pengendara dari Jalan Kawi yang akan menuju  utara bisa melalui Jalan Tangkuban Perahu.

Topik
Kayutangan Heritage Dishub Kota Malang Jalur satu arah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru