Patut Diketahui, ini Serba-Serbi Pemakaman Muslim di Indonesia

Feb 02, 2021 06:43
ilustrasi (sumber: google)
ilustrasi (sumber: google)

INDONESIATIMES - Dewasa ini, pemakaman muslim semakin dibutuhkan, utamanya yang sesuai nilai syariah dan jauh dari suasana memunculkan kesan angker. Apalagi untuk tempat peristirahatan terakhir, keluarga pasti ingin memberikan yang terbaik. 

Para ahli waris juga memiliki tanggungjawab moral dalam memilih tempat pemakaman yang betul-betul bisa menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi orang tercinta dan bisa berziarah ke makamnya kapan saja.

Baca Juga : Karena Medsos, Riki Jadi Mualaf Dituntun Rektor UIN Prof Abdul Haris

Perlunya persiapan dini sebelum datangnya kedukaan memang tidak bisa dianggap remeh. Penyediaan lahan makam jauh-jauh hari merupakan wasiat apabila kedukaan datang. Sehingga ahli waris tidak perlu repot dan bingung mencari lahan pemakaman muslim.

Konsep pemakaman muslim yang teduh, nyaman, ramah lingkungan dan sesuai dengan ketentuan syariah ada dalam Al Azhar Memorial Garden yang sudah 9 tahun menangani jenazah dari segala aspeknya.

Disamping itu, pemakaman muslim yang berada di daerah Karawang ini juga dikelola secara profesional. Sehingga menjadi salah satu taman pemakaman mewah di karawang.

Standart penataan area pemakaman yang rapi dan dilengkapi fasilitas-fasilitas penting agar memudahkan peziarah dalam beraktivitas selama di dalam komplek pemakaman seperti tempat ibadah, toilet, tempat parkir, dan  perawatan yang rutin dilakukan. Sehingga pemakaman selalu tampak bersih, asri, dan nyaman tanpa meninggalkan kesan elegan. 

Paling penting dari itu semua, makam muslim tidak boleh bercampur dengan non muslim. Para ulama bersepakat bahwa pemakaman kaum muslimin dan non-muslim tidak boleh dicampur. Kecuali jika dalam kondisi darurat. Bahkan banyak diantara mereka yang menyatakan, haram menggabungkan pemakaman muslim dengan non-muslim.

Baca Juga : Kontrak Arema FC Segera Berakhir, Dedik Setiawan Dibanjiri Tawaran Merumput di Negeri Jiran

Seharusnya makam ini dipisah, peran ahli waris harus proaktif agar komplek pemakaman jenazah beradi di pemakaman mislim dan terpisah dengan makam non muslim.

Dengan tersedianya layanan penyediaan pemakaman muslim, diharapkan para ahli waris tidak lagi direpotkan dengan berbagai macam pertimbangan apakah makam keluarga yang dimakamkan dirawat secara berkala, keluarga yang berziarah tetap nyaman dan jauh dari suasana makam yang terkesan menyeramkan dan angker.

Kedepan nampaknya pemakaman muslim akan semakin menjamur di kota-kota besar. Apalagi luas tanah yang kian menyempit karena bertambahnya jumlah bangunan dan pemukiman. Sudah menjadi keharusan bagi para ahli waris agar mempersiapkan segala keperluan untuk akhir hayat.

Topik
pemakaman muslimpemakaman muslim mewahpemakaman mewah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru