Bertambah, 3 Sekolah di Kota Batu Raih Akreditasi Perpustakaan Nilai A

Feb 01, 2021 14:09
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Batu saat melihat kesiapan perpustakaan di SDN Junrejo 01 beberapa saat lalu.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Batu saat melihat kesiapan perpustakaan di SDN Junrejo 01 beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Kabar gembira mewarnai dunia pendidikan di Kota Batu pada awal 2021 ini. Pasalnya, 3 sekolah dari total 8 sekolah yang menyodorkan akreditasi perpustakaan kini telah mendapatkan akreditasi A dari lembaga Akreditasi Nasional.

Ke-3 sekolah yang mendapatkan akreditas A perpustakaan yakni SDN Junrejo 01, MTS Negeri dan MAN Batu. Kemudian untuk 5 sekolah lainnya mendapatkan akreditas dengan nilai B. Ke-5 sekolah itu yakni, SMP Negeri 02 Kota Batu, SMP Negeri 03 Kota Batu, SD Negeri Sisir 03, SD Negeri Oro-Oro Ombo 02, dan SD Negeri Tulungrejo 04.

Baca Juga : 1,3 Juta Penduduk Bakal Divaksin, Pemkab Malang Belum Siapkan Sanksi Bagi yang Menolak

“8 sekolah yang diajukan seluruhnya mendapatkan akreditasi, Alhamdulillah,“ kata Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Batu, Retno Probowati, Senin (1/2/2021). 

Kabar tersebut tentu memberikan kegembiraan di tengah kondisi pandemi covid-19 ini. Sebab, kondisi itu tak menyurutkan prestasi yang terus ditingkatkan. Pasalnya, pada tahun 2019 silam, total ada 3 perpustakaan sekolah yang terakreditasi yakni SDN Punten 02 dan SMA Negeri 01 Kota Batu, SMPN 01 Kota Batu dengan nilai B.

“Untuk predikat akreditasi terbagi menjadi 3, diantaranya akreditasi A atau baik sekali, B artinya baik, dan C yakni cukup,” imbuhnya. 

Agar bisa mendapatkan akreditasi, ada beberala kriteria yang harus dilaksanakan. Seperti tata kelola administrasi, fasilitas penunjang, keunggulan inovasi dan sebagainya. Juga untuk jumlah minimal koleksi bacaan 1.000 buku, dan sebagainya.

“Lalu ketersediaan sarana dan prasarana seperti komputer untuk melihat katalog yang ada. Tenaga Sumber Daya Manusianya, pelayanannya, pengelolaan dan inovasi juga menjadi penilaian,” urai Retno. 

Baca Juga : Siapkan Rp 2,7 Miliar, Pemkot Batu Persiapkan Perpustakaan Umum yang Representatif

Ditambah karena masing-masing sekolah ini memiliki inovasi tersendiri agar warga sekolahnya gemar membaca di perpustakaan. Misalnya seperti di MAN Kota Batu ada kegiatan pelatihan kepenulisan sehingga menstimulan siswa untuk berkarya.

Sementara itu di tahun 2021 mendatang Pemkot Batu akan mendaftarkan 10 sekolah agar mendapatkan sertifikat akreditasi. Dengan akreditas itu sebagai pengukur kualitas penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan berdasarkan standar yang ditetapkan.

Topik
perpustakaan sekolah di kota batuPerpustakaan Sekolahakreditasi perpustakaan sekolahdunia pendidikanBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru