Sistem Baru, Pemkot Batu Luncurkan Aplikasi SIPD untuk Perangkat Desa

Jan 27, 2021 16:42
Suasana sosialisasi SIPD yang dilakukan oleh Bappelitbangda Kota Batu di Kantor Kecamatan Junrejo, Rabu (27/1/2021) (Foto: Mariano Gale)
Suasana sosialisasi SIPD yang dilakukan oleh Bappelitbangda Kota Batu di Kantor Kecamatan Junrejo, Rabu (27/1/2021) (Foto: Mariano Gale)

MALANGTIMES - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pemerintah Kota Batu meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) untuk mempermudah informasi terkait program-program kerja di setiap daerah atau desa.

Kepala Bidang Pemerintah Sosial dan Budaya (Pemsosbud) Bappelitbangda Kota Batu, Rizaldi menjelaskan, aplikasi berbasis web yang diluncurkan oleh Mendagri ini diimplementasikan untuk perencanaan, pelaporan maupun penganggaran di setiap Dinas serta perangkat desa.

Baca Juga : 74 Event Sepanjang 2021, Pemkot Batu Siapkan Rp 7 Miliar

"Jadi semua laporan atau musyawarah nantinya akan dimasukkan di aplikasi SIPD ini," ujarnya, Rabu (27/1/2021)

Maka, Bappelitbangda Kota memberikan pembinaan terkait penggunaan aplikasi tersebut. Bagaimana secara teknis memasukan hasil laporan ke dalam sistem SIPD.

"Sudah ada 7 Desa di Kelurahan Junrejo yang kita lakukan pembinaan. Tentu pembinaan ini yang perlu ditekankan adalah memberikan pemahaman cara menginput hasil usulan atau laporan  terkait musyarawah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) ke dalam SIPD," ujarnya.

Terkait kendala dalam pengalokasian sistem SIPD, Rizaldi mengaku belum adanya kendala. Namun beberapa sistem mengalami gangguan. "Kendala gak ada Mas, kan masih baru. Cuman kadang-kadang kan macet, mungkin karena seluruh Indonesia kan menggunakan sistemnya dan terpusat di Mendagri semua," ungkapnya

Sementara itu, Camat Junrejo, Dian Saraswati sangat mendukung adanya sistem baru yang bisa mempermudah usulan-usalan dari daerah melalui SIPD ini.

Baca Juga : Lahan 3 Ribu Meter Persegi, Dishub Akan Bangun Gedung Parkir 3 Lantai di Area Alun-Alun

"Kalau dulu banyak usulan-usulan yang tidak tersaring dengan baik. Artinya usulan-usulan yang menjadi prioritas tidak terarah dengan baik. Namun dengan adanya SIPD ini bisa menyaring semua usulan dan memintangkan usulan yang menjadi prioritas," ungkapnya

Diketahui, Permendagri nomor 90 tahun 2019 membawa perubahan mendasar terkait klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur program/kegiatan pada dokumen perencanaan RKPD tahun 2021. Perencanaan dan pelaporan penganggaran yang disusun OPD pemerintah daerah harus dimasukkan dalam sistem informasi pemerintah daerah (SIPD). 

Topik
Perangkat Desa berita kota batu aplikasi pemerintah desa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru