Penelitian Mahasiswa Ini Ungkap Buah Kiwi Bisa Atasi Insomnia

Jan 26, 2021 19:32
Anggota tim PKM-PE meneliti manfaat buah kiwi sebagai anti insomnia saat paparan secara daring (Ist)
Anggota tim PKM-PE meneliti manfaat buah kiwi sebagai anti insomnia saat paparan secara daring (Ist)

MALANGTIMES - Penelitian Maulana Rafsanjani Miftah, Mahasiswa kampus Muhammadiyah di Malang ini menelurkan hasil yang bermanfaat. Orang yang mengalami kasus insomnia atau kesulitan tidur, bisa diobati dengan buah Kiwi.

Diceritakan, jika awal atau ide  penelitian yang dilakukannya berawal dari browsing internet. Saat itu, ia  sempat mendapat sebuah artikel tentang pengobatan dan penyembuhan insomnia.

Baca Juga : Tak Terima Hasil Pemira Dibatalkan, Mahasiswa UM Lakukan Aksi di Depan Graha Rektorat UM

Di situ ia kemudian mengetahui insomnia dapat disembuhkan dengan buah Kiwi. Ia pun kemudian begitu penasaran dengan kandungan Buah Kiwi hingga bisa membantu dalam menyembuhkan insomnia.

Akan tetapi, rasa penasarannya terhambat lantaran Informasi mengenai penelitian tentang buah Kiwi sangat minim. Terlebih lagi di Indonesia, juga belum terdapat penelitian detail terkait hal ini.

Karena itu, ia yang masih penasaran, kemudian mengajak dua temannya, yakni Nabila Mufti Karis dan Chandra Ayu Kumala Sari untuk melakukan penelitian manfaat pada buah Kiwi tersebut. Penelitian ini juga diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa -Penelitian (PKM-PE), di mana akhirnya lolos hingga tahap pendanaan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Dalam penelitian, tak berjalan secara mulus. Kendala demi kendala ditemui oleh Maulana Rafsanjani Miftah dan dua temannya. Kendala tersebut seperti tidak diperbolehkannya untuk langsung meneliti di lapangan.

“Rencananya kami akan meneliti langsung lewat beberapa subjek yang telah kami pilih. Namun karena situasi sedang pandemi, Ditjen Dikti akhirnya mengubah beberapa aturan dalam penelitian,” terang mahasiswa Fakultas Kedokteran ini.

Dari situ, iapun kemudian melakukan penelitian dengan acar lainnya, yakni mencari informasi dari publish jurnal-jurnal yang luar negeri yang membahas terkait insomnia dan juga cara penyembuhannya dengan buah Kiwi.

Baca Juga : UB Kumpulkan 340 Guru dan Kasek Se-Jatim, Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Hasilnya, diketahui jika mengkonsumsi dua buah Kiwi sebelum tidur bagi penderita insomnia, akan menghasilkan peningkatan terhadap jumlah waktu tidur. Hal ini merupakan efek dari tingginya tingkat antioksidan, flavonoid, karotenoid, dan antosianin yang kandungannya ditemukan dalam buah Kiwi.

"Stres oksidatif merupakan penyebab utama dari gangguan tidur pada penderita insomnia. Beberapa zat yang ditemukan dalam buah Kiwi diasumsikan dapat menurunkan stres tersebut," jelasnya.

Sementara itu, penelitian ini, telah diselesaikan pada Oktober tahun lalu. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu proses penerimaan jurnal dari Health Science Journal of Indonesia. Penelitian yang dilakukannya ini diharapkan  memberikan edukasi baru pada masyarakat terkait manfaat buah Kiwi untuk mengatasi insomnia.

Topik
Berita Malangmahasiswa malangPenelitian Mahasiswabuah kiwiobat insomnia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru