Datangkan Mobile Lab, ASN di Kabupaten Malang Bakal Jalani Swab Massal

Jan 22, 2021 21:01
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menjelaskan mekanisme penerapan swab massal dijajaran ASN Pemkab Malang (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menjelaskan mekanisme penerapan swab massal dijajaran ASN Pemkab Malang (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, bakal melakukan tes Swab massal bagi pegawainya. Itu menyusul adanya sejumlah pegawai pemerintahan yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19. ”Jadi dengan kondisi banyaknya ASN yang terkena (Covid-19), sehingga memungkinkan untuk dilakukan swab kepada semua ASN,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, saat dikonfirmasi Jumat (22/1/2021).

Guna merealisasi gerakan Swab massal terhadap jajaran ASN tersebut, Wahyu mengaku telah menyewa Mobile Lab atau mobil laboratorium yang pernah dioperasikan di Jakarta. ”Nanti akan menggunakan Mobile Swab PCR, jadi kita sewa mobil khusus untuk Swab yang ada di Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga : Beralih ke Daring Karena Ada Pegawai Terpapar Covid, Bupati Sanusi Instruksikan Swab Massal

Meski tidak menjelaskan berapa anggaran yang digelontorkan untuk menyewa Mobile Swab tersebut, namun Wahyu memastikan jika anggarannya berasal dari Belanja Tidak Terduga (BTT). ”Ya ini sedang kita anggarkan dari BTT,” imbuhnya.

Kapan Swab massal bagi ASN Pemkab Malang dilaksanakan? Wahyu mengatakan jika waktu penyelenggaraannya masih menunggu dari hasil koordinasi Pemkab Malang dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Malang. ”Mobile Lab-nya saat ini masih dalam perjalanan, sedangkan untuk pencairan BTT sampai saat ini juga sedang kita proses,” ungkapnya.

Dalam praktiknya, Mobile Lab itu akan dikerahkan ke sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang, secara bergantian. ”Jadi nanti kita tentukan OPD mana saja yang akan diutamakan, terutama OPD yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat itu akan kita prioritaskan. Tapi nanti semua ASN akan kita lakukan swab,” ujarnya.

Baca Juga : Jabatan Sekda Kota Malang Segera Kosong, Legislatif Minta Ada Seleksi Terbuka

Seperti yang sudah diberitakan, Sekda Kabupaten Malang menyebut ada 11 pegawai Pemkab Malang yang terpapar Covid-19. Sedangkan yang meninggal akibat terkonfirmasi positif Covid-19 ada 2 orang. Selain berencana melakukan Swab massal, sejumlah kantor OPD juga telah diinstruksikan untuk menerapkan WFH hingga 90 persen.

Topik
Berita Malang mobile lab swab massal ASN Kabupaten Malang Sekda Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru