Komitmen Wujudkan Zona Integritas, Bupati Malang Sanusi Canangkan 5K

Jan 22, 2021 14:46
Bupati Malang Sanusi saat menjabarkan filosofi kinerja 5K di lingkungan Pemkab Malang (Foto: Istimewa)
Bupati Malang Sanusi saat menjabarkan filosofi kinerja 5K di lingkungan Pemkab Malang (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, menjadi prioritas utama yang akan direalisasikan oleh Bupati Malang Sanusi, paska ditetapkan sebagai Bupati Malang terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

”Semua instansi pemerintahan yang ada di Pemkab Malang harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tujuannya untuk mewujudkan zona integritas yang bersih dan bebas dari korupsi maupun pungli,” tegasnya.

Baca Juga : Beralih ke Daring Karena Ada Pegawai Terpapar Covid, Bupati Sanusi Instruksikan Swab Massal

Salah satu metode yang akan diterapkan untuk mewujudkan zona integritas tersebut, dijelaskan Sanusi, yakni dengan mengubah budaya kerja yang ada di lingkungan Pemkab Malang.

”Sehingga salah satu cara untuk mewujudkan zona integritas itu, dengan membentuk culture set atau budaya kerja ASN (Aparatur Sipil Negara),” imbuhnya.

Dasar culture set yang akan diterapkan di tataran Pemkab Malang itu, adalah dengan cara mengubah sistem kerja menjadi 5K. Di mana, 5K yang dimaksud tersebut meliputi Keja Keras hingga kerja prestasi.

”Seluruh ASN yang ada di Pemkab Malang harus menerapkan 5K, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja prestasi,” jelasnya.

Sekedar informasi, Bupati Malang Sanusi sebenarnya sudah ancang-ancang untuk menerapkan zona integritas sejak akhir tahun 2020 lalu.

Tepatnya pada tanggal 23 Desember 2020, pejabat yang akrab disapa Abah Sanusi ini telah mencanangkan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pemkab Malang.

Di hadapan tamu undangan yang menghadiri agenda yang dilangsungkan di Pringgian Pendopo Agung Kabupaten Malang tersebut, orang nomor satu di jajaran Pemkab Malang ini meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mewujudkan zona integritas.

”Akan segera kita launching, program 5K itu merupakan tindakan lanjut dari launching pada tanggal 23 Desember lalu. Yakni mewujudkan Kabupaten Malang sebagai pembangunan zona integritas,” ungkapnya.

Baca Juga : Paska Dilantik, Paslon SanDi Bakal Prioritaskan Program Jamu Teka

Paska dicanangkan culture set berbasis 5K, lanjut Sanusi, nantinya seluruh kinerja para ASN yang ada dilingkungan Pemkab Malang akan terus dimonitor.

”Sehingga mereka (ASN, red) akan diukur kinerjanya untuk meningkatkan prestasi berikutnya, sebagai ASN yang lebih profesional dalam bekerja,” ujarnya.

Bagi ASN yang mampu menerapkan 5K dan memberikan prestasi bagi Pemkab Malang, maka Sanusi tidak akan segan-segan untuk memberikan penghargaan. Salah satunya dengan peningkatan jenjang karir para ASN.

”Kepada mereka (ASN) yang telah berprestasi dan profesional dalam bekerja, juga akan berpengaruh dalam meningkatkan jenjang karir mereka,” tandasnya.

 

Topik
Pemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru