LaDub dan Malang Jejeg Tak Hadir, KPU Kabupaten Malang Tetapkan SanDi Paslon Terpilih

Jan 21, 2021 13:42
Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini (paling kiri) saat memberikan surat penetapan kepada Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini (paling kiri) saat memberikan surat penetapan kepada Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang resmi menetapkan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati terpilih HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Senin (21/1/2021).

Dalam penetapan tersebut, dua paslon lain yang maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yakni Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) dan Heri Cahyono-Gunadi Handoko (Malang Jejeg) terlihat tidak hadir.

Baca Juga : Bupati Sanusi Bantah Tudingan Tumbal Politik dalam Pemilihan Ketum PSSI

 

Penetapan paslon terpilih itu berdasarkan surat dari Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) 165/PAN.MK/01/2021 tahun 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi, dan diteruskan ke KPU Kabupaten Malang.

"Penetapan Paslon terpilih ini merupakan tahapan Pilkada usai dilakukan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Malang beberapa waktu lalu," ungkap Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini.

Diterangkan Anis pada berita acara, penetapan Paslon Bupati Malang terpilih meraih suara 530.449 suara atau 45,51 persen dari total suara sah pada Pilkada yang digelar tahun 2020 lalu.

"Keputusan penetapan Paslon Bupati Malang terpilih ini berlaku sejak tanggal ditetapkan 21 Januari 2021," terangnya.

Sementara itu, Bupati Malang terpilih HM Sanusi merasa sangat bangga karena sejak proses pemilihan hingga proses rekapitulasi perhitungan suara tidak ada kendala yang ditemui.

"Sebagai paslon 1 terpilih, kami mengucapkan terima kasih kepada KPU pada pilkada karena meski di era pandemi tapi bisa berjalan dengan baik. Sama halnya dengan Bawaslu, yang mengawal perjalanan pilkada sehingga tidak ada masalah," ungkap Sanusi dalam sambutan singkat.

Baca Juga : Kota Malang Terapkan PPKM, Aturan Mendagri Dilakukan Modifikasi

 

Kedepan, Sanusi berharap proses selanjutnya yakni pelantikan berjalan lancar dan terlebih semua program yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik sehingga membuat Kabupaten Malang terus mengalami peningkatan positif dalam segala sektor.

"Mudah-mudahan proses berikutnya dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

 

Topik
penetapan bupati kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru