Dies Natalis ke 1 Ditjen Diksi, Balai Besar di Malang Ini Didatangi TNI dari 3 Matra

Jan 20, 2021 15:47
Plt Kepala BBPPMPV BOE Addul Rokhim (tengah paling depan) saat diwawancarai awak media (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Plt Kepala BBPPMPV BOE Addul Rokhim (tengah paling depan) saat diwawancarai awak media (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sekitar 30 anggota TNI, mulai dari 15 anggota Angkatan Darat (AD) dari Politeknik Angkatan Darat (Poltekad), lima anggota dari TNI Angkatan Udara maupun 10 dari Akademi Angkatan Laut Surabaya, nampak terlihat berada di lingkungan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) di kawasan Jl. Raden Intan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Bahkan, Kolonel Inf Dr. Tinton Nefianto S.SOS, MAP, selaku Direktur Pembukaan Penelitian Kajian dan Pengembangan Poltekad turut hadir di lokasi tersebut. Namun bukan karena adanya hal gawat atau kerusuhan tiga Matra TNI tersebut kesana, melainkan kedatangannya ternyata untuk mengikuti sejumlah pertandingan olahraga mulai dari Bulutangkis, Tenis Meja maupun Tenis Lapangan.

Baca Juga : Jadi Guru Besar Termuda UIN Malang, Agung Sedayu Awalnya Tak Bercita-cita Jadi Profesor

Plt Kepala BBPPMPV BOE Addul Rokhim menerangkan, beragam pertandingan olahraga ini merupakan bagian dari Dies Natalis Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang pertama.

"Diikuti empat lembaga, ada dari Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati, Poltekad AD, TNI AU, Akademi Angkatan Laut (AAL).

Ia menambahkan, pelaksanaan pertandingan olahraga antar lembaga ini, sebagai upaya merekatkan silaturrahmi dan menyosialisasikan, merebranding pendidikan vokasi. Khususnya di Ditjen Diksi dan Indonesia pada umumnya untuk semakin berperan dalam pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM).

"Lembaga ini (BBPPMPV BOE)  sebenarnya lahir sudah lama, sejak 1985. Namun kita bergabung dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi masih Juni tahun kemarin," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, sesuai dengan Permendikbud nomer 26 BBPPMPV BOE bergabung dengan Dirjen Diksi bersama Politeknik. Tugas pokok dan fungsi yang selaras, dimana pengalaman yang telah laksanakan adalah untuk melakukan pengembangan terhadap pendidikan vokasi.

"Ya sesuai namanya yang lama tadi, Vocational Development Center (VEDC). Kalau sekarang kita nomenklaturnya telah berubah BBPPMPV BOE.

Baca Juga : UIN Maliki Malang Kukuhkan Tiga Guru Besar Baru Dari Fakultas Saintek

Sementara itu, kontingen peserta dari Politeknik Angkatan Darat (Poltekad), Kolonel Inf DR Tinton  Nefianto S.SOS, MAP, selaku Direktur Pembukaan Penelitian Kajian dan Pengembangan Poltekad menerangkan, pihaknya berterima kasih atas undangan untuk keikutsertaanya di kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sendiri, juga selaras dengan kegiatan kami, di mana terus menjaga kondisi kebugaran tubuh, ditambah lagi dengan situasi saat ini. Ini tentunya akan bisa semakin memperkuat imun kita. Rutinitas (olahraga) yang kita lakukan biasanya dua kali dalam seminggu, bisa kita tingkatkan tiga sampai empat kali.

"Dengan HUT Diksi ini, tidak saja jiwa raga, namun hati kita juga menyatu. Selain meningkatan imun, tapi juga iman dan semua aman khususnya Malang Raya," terangnya didampingi koordinator kontingen Polresta Kapten Cpl Bambang Ragil W, S.Sos.,M.M.

Topik
ditjen diksi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru