Sepekan PPKM, Kota Batu Turun Status Jadi Satu-Satunya Zona Kuning di Jatim

Jan 20, 2021 07:09
Peta sebaran Jawa Timur.
Peta sebaran Jawa Timur.

BATUTIMES - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali yang juga dilaksanakan di Kota Batu nampaknya cukup berdampak positif. Karena selama satu pekan terakhir, jumlah penambahan kasus konfirmasi positif covid-19 di Kota Apel ini tak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tercatat, ada 19 kasus penambahan baru.

Kondisi itu pun berdampak pada status zona covid-19 Kota Batu. Setelah sebelumnya Kota Batu berada pada zona merah atau risiko tinggi pada awal Desember 2020 lalu, dan kemudian turun menjadi zona orange atau risiko sedang hingga Senin (18/1/2021) lalu, kini Batu tercatat berada di zona kuning atau risiko rendah. Kondisi itu membuat Kota Batu menjadi satu-satunya kawasan di Jawa Timur yang berada pada zona risiko rendah.

Baca Juga : Pegawai BKAD Terpapar Covid, Pelayanan di Pemkab Malang Beralih ke Online

Hal itu terlihat sebagaimana peta persebaran covid-19 di Jawa Timur. Sejak Selasa (19/1/2021) kemarin, Kota Batu berada di zona kuning. Sedangkan daerah lainnya masih berada pada zona orange dan zona merah.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko pun menargetkan pemberlakuan PPKM mampu memulihkan kondisi di Kota Apel tersebut. Sehingga, target zona hijau bisa diperoleh setelah Kota Batu saat ini sudah dalam zona kuning. Kondisi baik tersebut diharapkan bisa terus menunjukkan perkembangan positif.

“Mudah-mudahan Kota Batu bisa ke zona hijau dan semua warga sehat. Tidak ada tambahan lagi setiap hari. Itu targetnya ke depan,” katanya 

Sementara itu, dalam catatan Dinas Kesehatan Kota Batu, tercatat jika dalam satu pekan pelaksanaan PPKM, jumlah penambahan kasus baru sebanyak 19 kasus. Kemudian ada 48 pasien konfirmasi positif covid-19 yang dinyatakan sembuh total selama sepekan terakhir. 

Baca Juga : Sepekan PPKM, Ada 383 Pelanggar Prokes dan Melebihi Jam Operasional di Batu

Sementara pada data terakhir yang disampaikan Selasa (19/1/2021) malam, terdapat tambahan 4 pasien konfirmasi positif Covid-19. Dengan 6 kasus telah dinyatakan sembuh. Sehingga saat ini tercatat dari data Dinas Kesehatan Kota Batu jumlah kumulatif Kota Batu 1.118.

Lalu angka aktif ada 13 orang. Sedangkan angka kesembuhan mencapai 1.011 orang, dan meninggal dunia 94 orang. Dengan kasus suspek sejumlah 862 orang, probable ada 69 orang, diisolasi sebanyak 56, dan discarde terdapat 814 orang.

Topik
zona covid 19 Kota Batukota batu zona kuningDinas Kesehatan Kota Batuppkm kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru