Perluas Kerjasama Internasional Dengan Thailand, UM Audiensi Dengan Atdikbud RI di Bangkok

Jan 18, 2021 12:54
Audiensi UM terkait kerjasama Internasional dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd (Ist)
Audiensi UM terkait kerjasama Internasional dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd (Ist)

MALANGTIMES - Memperluas kerjasama internasional, khususnya dengan universitas ataupun institusi di Thailand, Universitas Negeri Malang (UM) melakukan audensi kerjasama Internasional dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd.

Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, menjelaskan, jika pihaknya kedepan akan memperluas jaringan kerjasama internasional lainnya. Selama ini, dikatakannya telah banyak jalinan kerjasama UM dengan sejumlah perguruan tinggi di Thailand.

Baca Juga : Presiden Jokowi dan Mendikbud Orasi Ilmiah di Rapat Senat Terbuka UB ke-58

 

Sehingga, jalinan kerjasama tersebut akan terus dipelihara dan akan diperluas lagi untuk sama-sama mendapatkan manfaat positif bagi kedua belah pihak.

“Alhamdulillah selama ini sudah banyak kerjasama UM dengan sejumlah perguruan tinggi di Thailand. Tentunya hal ini tidak lepas dari fasilitasi dari Atdikbud di Thailand. Kedepannya UM berencana memperluas kerjasama di masa yang akan datang.” Ujar Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. dalam sambutannya.

Sambung Direktur Hubungan Internasional UM, Dr. Evi Eliyanah, jika UM selama ini telah menjalin kerjasama dengan institusi pada negara berjuluk Negeri Gajah Putih itu. Diantaranya adalah penelitian dengan  Walailak University, Yala Rajabhat University, King Mongkut’s University of Technology Thobury, Prince of Songkla University, dan Chulalongkorn University.

"Memang kerjasama penelitian ini sangat intensif. Karena setiap proposal pendanaan yang akan diajukan harus menyertakan peneliti Internasional,” Jelas Dr. Evi Eliyanah.

Lanjut Evi, untuk kegiatan mobilitas mahasiswa, selama ini kerjasama dilakukan dengan Walailak University, Yala Rajabhat University, dan Suranaree University of Technology. Sedangkan untuk transfer kredit, menjalin kerjasama dengan Prince of Songkla University.

Bukan hanya itu, juga terdapat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah Islam yang ada di Thailand selatan.

Baca Juga : Kemenag Beri Penghargaan UIN Malang sebagai PTKI dengan Mahasiswa Asing Terbanyak

 

"Kemudian kita juga punya Adjunct Profesor di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) itu berasal dari Asian Institute of Technology Bangkok. Untuk SEA Teacher Project kita pernah bekerjasama dengan Chiang Rai Rajabhat University.” terang Dr. Evi Eliyanah.

Capaian kedepan, UM tak hanya puas dengan jaringan yang sudah ada. Kedepannya UM berencana memperluas kerjasama dalam bidang-bidang lain dan juga mengirim mahasiswa untuk PPL di Sekolah Indonesia Bangkok untuk bidang kependidikan dan magang di KBRI untuk mahasiswa non kependidikan.

Sementara itu, dalam kegiatan audiensi beberapa waktu lalu itu, turut dihadiri oleh ketua LP2M, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), para Dekan dari masing-masing Fakultas, serta Kepala SMA, SMP, dan SD Lab UM.

Topik
kerjasama internasional UMUniversitas Negeri Malang (UM)UM Thailand

Berita Lainnya

Berita

Terbaru