Kemenag Beri Penghargaan UIN Malang sebagai PTKI dengan Mahasiswa Asing Terbanyak

Dec 30, 2020 15:01
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg saat menerima penghargaan dari Sekjen Kemenag RI Prof Dr H Nizar Ali MAg. (Foto: istimewa)
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg saat menerima penghargaan dari Sekjen Kemenag RI Prof Dr H Nizar Ali MAg. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kementerian Agama (Kemenag) RI memberikan penghargaan kepada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan mahasiswa asing terbanyak.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI Prof Dr H Nizar Ali MAg kepada Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg melalui gelaran Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) di Hotel Grand Mercure Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga : Tim Fotokatalis UIN Malang Berprestasi dari Inovasi Kurangi Limbah Zat Warna

Dihubungi melalui telepon, Prof Haris menyampaikan, bahwa jumlah mahasiswa asing di UIN Malang mencapai 490 lebih mahasiswa dari 42 negara. 

Beberapa negara di antaranya Arab Saudi, Aljazair, India, Rusia, Singapura, Libya, Suriah, Mesir, Pakistan, Thailand, Yudan, Yaman, Ethiopia, Pantai Gading, dan Brunei Darussalam.

Kemenag-Beri-Penghargaan-UIN-Malang-sebagai-PTKI-dengan-Mahasiswa-Asing-Terbanyak2e978f692dfec14a.jpg

"Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Indonesia diminati oleh mahasiswa luar negeri," ujarnya.

Meski demikian, penghargaan ini tidak lantas membuatnya terlena. Prof Haris menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas UIN Malang menjadi perguruan tinggi keagamaan Islam yang lebih baik lagi.

"Kita terima kasih tapi kita tidak boleh lena, kita akan tetap meningkatkan kualitas dan mempromosikan UIN Maulana Malik Ibrahim ke mancanegara. Kita harus memberikan layanan terbaik pendidikan tinggi ke seluruh dunia," tegasnya.

Untuk diketahui, acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam ini digelar untuk memberikan apresiasi terhadap capaian dan prestasi berbagai bidang PTKI.

piagam-penghargaan-adiksi-2020a81224b418618fc5.jpg

Terdapat 15 kategori dalam apresiasi pendidikan tinggi keagamaan Islam ini, yaitu PTKI pemilik jurnal bereputasi terbanyak, PTKI dengan pemilik hak kekayaan intelektual (HaKI) Terbanyak, PTKI dengan profesor terbanyak, PTKI dengan persentase akreditasi Prodi A/Unggul terbanyak, PTKI dengan BLU terbaik, dan lain-lain. 

"Di penghujung tahun kita memberikan apresiasi atas 15 kategori capaian-capaian yang sangat luar biasa dari PTKIN maupun PTKIS kita. Sesungguhnya prestasi ini juga hasil kerja keras dari semua pihak," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani STP MT.

Tentunya, diraihnya penghargaan PTKI dengan mahasiswa asing terbanyak ini merupakan kebanggan bagi UIN Malang. Sebab, UIN Malang menjadi yang terdepan dari 826 PTKI yang tersebar di seluruh Indonesia.

piala-penghargaan-adiksi-20204ef6c940fa45bb4e.jpg

Menteri Agama (Menag) RI KH Yaqut Cholil Qoumas pun mengaku gembira mendengar adanya 15 kategori PTKI yang menjadi terbaik, terbanyak, tertinggi, dan lain-lain dalam ajang ADIKTIS ini. 

Baca Juga : UGM Buat Alat Deteksi Covid-19 Jauh Lebih Murah dan Cepat Lewat Embusan Napas

Melalui penghargaan ini, ia berharap PTKI menunjukkan keberhasilannya melakukan perbaikan yang terus-menerus di berbagai bidang.

"Saya juga berharap di satu tahun depan semua perguruan tinggi mendapatkan penghargaan. Saya yakin di setiap perguruan tinggi pasti punya prestasinya masing-masing," tandasnya.

 

 

Topik
Kementerian AgamaKemenag RIUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim MalangUIN Maliki MalangPerguruan Tinggi Keagamaan IslamApresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru