Unisma Wisuda Periode ke- 64 secara Daring , Ada 16 Mahasiswa Terbaik, Siapa Saja?

Jan 17, 2021 15:00
Wisuda Daring Unisma periode ke- 64 semester genap tahun akademik 2019/2020 yang digelar secara daring (Ist)
Wisuda Daring Unisma periode ke- 64 semester genap tahun akademik 2019/2020 yang digelar secara daring (Ist)

Universitas Islam Malang (Unisma) hari ini, Minggu (17/1/2020), mewisuda 1401 mahasiswa semester genap tahun akademik 2019/2020 secara daring. Dalam wisuda daring tersebut, turut dibacakan para mahasiswa terbaik dari masing-masing program dan fakultas.

Sesuai Surat Keputusan Rektor Universitas Islam Malang Nomor : 494/A72/U.AK/R/L.16/XI/2020 Tentang Jumlah Lulusan dan Lulusan Terbaik 
Program Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana 
Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 yang dibacakan oleh Wakil Rektor 1, Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D, terdapat para mahasiswa terbaik dari program Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana.

Baca Juga : Ikke Lulusan Terbaik Program Profesi Dokter Unisma, Awalnya Malah Tak Bercita-cita Jadi Dokter

"Menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan, pertama 
Jumlah Lulusan Program Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana serta Lulusan Terbaik Tingkat Program Pendidikan/Fakultas Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 sebagaimana tersebut pada lampiran I keputusan ini," ungkapnya dalam pembacaan SK Rektor Unisma dalam wisuda daring.

Kedua, lanjutnya, lulusan terbaik Program Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana Tingkat Universitas berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagaimana tersebut pada lampiran II, III , IV, dan V keputusan ini. 

“Ketiga, keputusan ini berlaku sejak ditetapkan dan akan dilakukan pembetulan sebagaimana mestinya apabila terdapat kekeliruan dalam penetapannya. Ditetapkan di Malang pada tanggal 11 November 2020, oleh Rektor Prof. Dr. Maskuri, M.Si ditandatangani," lanjutnya.

Dalam Surat Keputusan itu, tertulis nama mahasiswa dari beberapa program maupun fakultas yang tercatat menjadi mahasiswa lulusan terbaik. Dari Fakultas Agama Islam, terdapat 310 lulusan. Dari jumlah itu terdapat dua lulusan terbaik, yakni Puspasari dan Nunuk Setyowati dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,93. 

Kemudian dari Fakultas Hukum, terdapat 85 lulusan dengan lulusan terbaik asal Bima yakni, Al Hikmah dengan raihan IPK 3,67. Dari Fakultas Pertanian, mahasiswa asal Merangin Jambi, yakni Firman Hidayat, menjadi mahasiswa terbaik dari 33 mahasiswa yang lulus dengan IPK 3,97.

Fakultas Peternakan, terdapat 38 lulusan dengan lulusan terbaik mahasiswa asal Probolinggo bernama Faiqul Mubarok dengan IPK 3,74. Dari Fakultas Teknik, Febri Hariyadi menjadi lulusan terbaik dari 56 lulusan. IPK yang diraih mahasiswa asal Jember itu 3,58. Selanjutnya dari Fakultas MIPA menelurkan 31 lulusan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Mahasiswa terbaik dari MIPA yakni Apria Ningsih dengan IPK 3,87.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdapat lulusan 144 orang mahasiswa. Nama Andri Jamaul Rifiyani meraih IPK cumlaude, 4.00. Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menelurkan lulusan 433 lulusan. Lulusan terbaik diraih Rizqi Amalia Mardhatillah dengan IPK 3,94. Dari Fakultas Ilmu Administrasi, IIK Sakinah asal Pasuruan menjadi lulusan terbaik dari 98 lulusan. IPK yang diraih 3,92. Terakhir dari Fakultas Kedokteran, mahasiswi asal Bantul, Sukosari Devantari menjadi lulusan terbaik dari 32 lulusan. Raihan IPKnya 3,32.

Sementara itu, lulusan terbaik program Doktor, diraih Uswatun Chasanah dengan IPK  3,87. Pada program Doktor terdapat delapan lulusan. 
Pada program Magister, terdapat 93 lulusan. Lulusan terbaik dari tingkat magister, diraih tiga orang. Mereka adalah mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, Annisa dan Ramdhani dengan IPK 4.00. Kemudian, Indra Nurdianto, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan IPK 4.00.

Dan dari program Profesi Pendidikan Dokter, terdapat 35 lulusan. Lulusan terbaik diraih oleh Ikke Ummi Mahmudatul Atiqoh. Lulusan asal Probolinggo ini meraih IPK 3,70.

Baca Juga : Sempat Tertunda, Unisma Segera Wisuda 1401 Mahasiswa Secara Daring

Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri, M.Si mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan maupun para orangtua. Ditegaskannya, jika kelulusan bukan diraih dengan mudah, tapi melalui kerja keras dan tantangan. Selain itu, berkat doa yang dipanjatkan, telah menerangi dan membuka jalan dalam studi para mahasiswa.

"Namun perlu disadari wisudawan, jika akhir perkuliahan bukan akhir dari belajar. Dalam pandangan Islam, belajar adalah misi sepanjang hayat. Selama nyawa masih melekat, selama nafas belum tersendat, tak ada garis finishi dalam menuntut ilmu," tegasnya dalam sambutan wisuda daring.

Lebih lanjut dijelaskannya, dunia nyata yang akan dimasuki, merupakan kelas bebas tanpa tembok pembatas, tanpa pagar maupun laboratorium. Di situ nantinya akan didapatkan kompleks problem solving. Para lulusan harus mengasah kemampuan dalam memecahkan masalah yang kompleks dengan keterampilan yang dibutuhkan.

“Kami juga berpesan, untuk mengibarkan semangat Islam di mana saja anda berada. Tunjukkan anda merupakan lulusan berintelektual yang memiliki landasan akhlak mulia dan bermartabat. Kibarkan bendera Unisma dan jiwa anda di mana saja berada," imbuhnya.

Ia juga berpesan agar lulusan meninggalkan hal-hal yang kurang baik yang dirasakan di kampus dan bawa pulang kebaikan-kebaikan yang dirasakan. Pegang teguh prinsip keikhlasan, kejujuran kerukunan, kesabaran dan kedisiplinan dengan dasar perilaku santun pemberani atas dasar kebenaran legaliter, profesional dan populis atau rendah hati. 

"Buang jauh-jauh energi negatif dan kembangkan terus energi positif dalam hidup anda, insyallah dengan itu  hidup anda akan itu berkah dan jadi insan yang berguna bagi agama nusa dan bangsa," pungkasnya.

 

Topik
Universitas Islam Malang wisuda unisma Mahasiswa Terbaik Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru