Sempat Tertunda, Unisma Segera Wisuda 1401 Mahasiswa Secara Daring

Jan 15, 2021 15:06
Wakil Rektor 1 Unisma, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D (kiri) saat memberikan informasi mengenai penyelengaraan wisuda daring (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Rektor 1 Unisma, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D (kiri) saat memberikan informasi mengenai penyelengaraan wisuda daring (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) akan melaksanakan wisuda periode ke 64 semester genap tahun akademik 2019/2020 secara daring pada 17 Januari 2021. Sebelumnya, wisuda yang sejatinya dilaksanakan sebanyak empat sesi pada Desember 2020 lalu, urung digelar lantaran terdapat surat edaran Walikota terkait pelarangan untuk melakukan wisuda secara luring.

Wakil Rektor 1 Unisma, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D membenarkan hal tersebut. Setelah batalnya kegiatan wisuda secara luring, pihak kampus menawarkan kepada para wisudawan terkait pelaksanaan wisuda secara daring atau tetap secara luring.

Baca Juga : Wujudkan Merdeka Belajar, Kampus Brawijaya Teken MoA dengan 34 Dekan FTP Se-Indonesia

"Kita tawarkan pelaksanaan luring atau daring, kalau luring pelaksanaan menunggu situasi yang memungkinkan, sesuai dengan surat edaran Pemerintah. Dari survei itu mahasiswa memilih wisuda secara daring, sehingga pelaksanaan segera dan dengan satu kali wisuda," bebernya.

Kemudian, pada digelarnya wisuda daring nantinya, para peserta tetap berada di tempatnya masing-masing. Namun tetap saja ada perwakilan dari masing-masing prodi satu orang yang hadir di tempat rapat senat terbuka yang tetap digelar secara luring.

"Nanti tetap ada pengukuhan oleh rektor yang diwakili satu orang dari masing-masing prodi. Sehingga nantinya akan ada sekitar 30 mahasiswa perwakilan. Kita menggunakan gedung auditorium dengan kapasitas 7000 orang, kita isi dua komponen, komponen senat dan wisudawan, kurang sekitar 50 orang," ungkapnya.

Sementara itu, jumlah wisudawan Yanga nantinya akan mengikuti wisuda daring, sebanyak 1401 wisudawan. Jumlah tersebut terdiri dari programĀ 
Doktor, Magister, Profesi, dan Sarjana. Lulusan dari program doktor sebanyak 8 orang, magister 93 orang, profesi Dokter 35 orang, Fakultas Agama Islam 310 orang, Fakultas Hukum 85 orang, Fakultas Pertanian 33 orang, Fakultas Peternakan 38 orang, Fakultas Teknik 56 orang, Fakultas MIPA 31 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 144 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 433 orang, Fakultas Ilmu Administrasi 98 orang dan Fakultas Kedokteran 37 orang.

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, UIN Malang Berikan Perpanjangan Waktu Pembayaran UKT

Untuk biaya wisuda yang sebelumnya telah dibayarkan, memang merupakan kalkulasi acara secara luring. Karena saat ini, kegiatan berlangsung secara daring, maka sebagian pembiayaan dikembalikan ke mahasiswa.

"Mahasiswa menyerahkan rekening dengan validasi foto buku tabungan dan keuangan akan ditransfer. Hampir 50 persen dikembalikan. Biaya yang dibayarkan bukan hanya untuk wisuda saja, namun juga untuk keperluanĀ  melakukan pencetakan ijazah, pencetakan buku album wisuda dan sebagainya," pungkasnya.

Topik
Universitas Islam Malangunisma malangwisuda unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru