Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tangkal Longsor di Kota Batu, Perkuat Pelengsengan dengan Lubang Air

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Jan - 2021, 12:41

Salah satu tanah longsor di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.
Salah satu tanah longsor di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

MALANGTIMES - Bencana  di Kota Batu pada awal tahun 2021 ini mengalami peningkatan lantaran musim penghujan. Akibat rentetan  bencana itu, Pemkot Batu sudah melakukan beragam upaya agar warganya bisa lebih aman.

Diketahui, alam kurun waktu satu minggu terakhir ini, belasan bencana terjadi di Kota Batu. Mulai tanah longsor hingga banjir membawa lumpur.

Baca Juga : Banjir Lumpur Beberapa Kali, Kali Paron Kota Batu Dinormalisasi Dengan Alat Berat

Upaya yang telah dilakukan Pemkot Batu adalah membersihkan material longsor hingga  mengevakuasi warga di tempat yang lebih aman. Bahkan selama tiga hari terakhir, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meninjau langsung kondisi tanah longsor dan sungai yang mengalami banjir luapan. Seluruhnya ada di Kecamatan Bumiaji.

Pemkot juga menerjunkan alat berat untuk membersihkan material longsor dan mengeruk sungai. Selain upaya tersebut, dinas terkait juga diminta melakukan penguatan fondasi rumah yang tergerus air.

 “Upaya lain seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) diminta membuat lubang air atau drain hole,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu. Pembuatan drain hole itu bisa dilakukan di setiap plengsengan penahan tebing yang sudah dibangun. 

Bencana itu terjadi lantaran musim penghujan yang terus mengguyur Kota Batu. Diprediksi musim hujan ini masih akan berlangsung hingga Maret mendatang dengan puncak pada Februari nanti.

Baca Juga : 11 Rumah Terancam Tanah Longsor di Dusun Brau

Karena itu, warga diminta untuk terus waspada akan bencana dan menjaga lingkungan sekitar. Terutama tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan drainase. 

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni