Banjir Lumpur Beberapa Kali, Kali Paron Kota Batu Dinormalisasi Dengan Alat Berat

Jan 15, 2021 14:34
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau lokasi kali paron di Kecamatan Bumiaji, Jumat (15/1/2021).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau lokasi kali paron di Kecamatan Bumiaji, Jumat (15/1/2021).

BATUTIMES - Beberapa saat lalu, banjir lumpur dan luapan melanda tiga dusun di Kecamatan Bumiaji. Agar tak terulang, normalisasi kali Paron di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji pun dilakukan dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Jumat (15/1/2021).

Sebelum memimpin jalannya normalisasi kali tersebut, seperti biasa ia berolahraga jalan-jalan sambil menyapa warganya disela-sela kesibukannya. Bahkan saat hujan ia masih semangat untuk tetap berjalan sambil menggunakan payung.

Baca Juga : Kunjungi Lokasi Rawan Longsor, Dewanti Ceritakan Alat EWS Terus Berbunyi

Selama beberapa hari terakhir memang Dewanti meninjau lokasi kejadian bencana akibat curah hujan tinggi yang melanda di Kota Batu. Karena ingin melihat dan berdiskusi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mengatasi beberapa masalah tersebut.

Hal itu pula yang dilakukan Dewanti saat memantau kondisi banjir di Dusun Bumiaji. Normalisasi di Kali Paron kali ini dilakukan secara gotong royong bersama Perangkat Daerah terkait juga masyarakat sekitar. Lantaran banyaknya bebatuan di saluran sungai akibat debit air yang besar hingga meluber ke jalanan, maka normalisasi dilakukan dengan menggunakan bantuan alat berat.

Terlihat, masyarakat dan Perangkat Daerah terkait juga mengambil bebatuan, sampah, dan dibantu dengan alat berat untuk mempercepat pengurukan tanah agar kali tersebut kembali dalam. Supaya tidak terjadi luberan air hingga merugikan rumah warga.

“Melihat langsung dan berdiskusi untuk mengatasi banjir di daerah Bumiaji sambil memberi semangat gotong rotong masyarakat yang bekerja,” ungkap Dewanti. 

Musim penghujaan seperti saat ini menurutnya kesadaran dan kepedulian masyarakat paling utama untuk menyelamatkan lingkungan dari bencana. “Memang kesadaran dan kepedulian masyarakatlah yang paling utama untuk bisa menyelamatkan,” imbuhnya.

Baca Juga : Tinjau Jembatan Ambrol, Wali Kota Malang Ungkap Penyebabnya

Politisi PDIP pun meminta masyarakat agar menjaga lingkungan supaya tidak membuang sampah sembarangan. Juga menamam pohon dan melestarikan lingkungan sekitar. 

“Mari jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menanam pohon dan melestarikan lingkungan,” tutup istri Eddy Rumpoko ini.

Topik
banjir kota batu bencana kota batu Tanah longsor kota batu berita kota batu hari ini Berita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru