Kondisi tanah longsor di Dusun Pagersari, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.
Kondisi tanah longsor di Dusun Pagersari, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

MALANGTIMES - Early warning system (EWS) atau pendeteksi tanah longsor terus berbunyi di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji sebelum terjadinya longsor. EWS itu pun menjadi signal bagi para pemilik rumah di lokasi yang terancam tanah longsor.

Di mana, ada kurang lebih 11 rumah yang berdekatan dengan lokasi lima titik longsor. Dari 11 unit rumah warga di sana terdapat 15 kartu keluarga (KK). Hal ini pula yang membuat Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melakukan pengecekan ke lokasi rawan longsor. Pasalnya, longsor yang terjadi di sana cukup membahayakan.

Baca Juga : PPKM Berjalan, Portal Setiap Desa di Wilayah Hukum Polsek Bululawang Kembali Diaktifkan

“Ada tembok yang sudah retak sangat berbahaya sekali,” ungkap Dewanti Rumpoko.

Sedang dalam beberapa hari terakhir belasan tanah longsor sudah melanda di Kecamatan Bumiaji di beberapa desa. Mengingat di Kecamatan Bumiaji merupakan rawan longsor karena berada di kawasan perbukitan. 

Sedang pada Kamis (14/1/2021) terjadi tanah longsor di rumah Triman di Jalan Pattimura Gang 6, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Penyebabnya hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan plengsengan non teknis setinggi 20 meter, lebar 5 meter, panjang 4 meter mengalami longsor. Kerugian terdampak pada satu rumah milik Triman. Petugas saat ini melakukan pemasangan safety line dan melakukan penanganan darurat dengan menutup longsor dengan terpal.