Wali Kota Batu Minta Jangan Ragu Divaksin Covid-19, Sebut Aman dan Halal

Jan 16, 2021 10:56
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

MALANGTIMES  - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjamin vaksin covid-19 jenis Sinovac aman dan halal. Karena itu, Dewanti meminta agar tokoh masyarakat ikut menyosialisasikan bahwa vaksin covid-19 baik untuk kesehatan.

Ia mengatakan, jangan ada keraguan dalam melakukan vaksinasi. Apalagi, vaksinasi covid sudah menjadi kewajiban masyarakat Indonesia. 

Baca Juga : Antisipasi KIPI, Pemkab Malang Bakal Lakukan Observasi Paska Vaksinasi Covid-19

Khusus warga Kota Batu, Dewanti minta jangan ada yang melakukan penolakan saat divaksin. Sebab, penolakan akan vaksin covid membahayakan  diri sendiri maupun orang lain.

Karena itu, tokoh masyarakat diharapkan menjadi penyemangat bahwa  vaksin covid itu baik untuk kesehatan. “Agar setiap warga Kota Batu yang punya massa ikut menyosialisasikan pentingnya vaksinisasi covid-19,” tambah istri mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko ini.

Hanya,  Dewanti masih belum mengetahui kapan vaksin covid-19 itu hadir di Kota Batu.  Ke depan, vaksin covid-19 bisa menjangkau seluruh warga Kota Batu.

Sementara,  Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari menambahkan, vaksinasi untuk memunculkan kekebalan populasi. Jadi, seluruh masyarakat harus dilakukan vaksinasi.

“Kalau masih ada populasi yang sehat, tapi ada yang belum vaksin, lalu masih ada dua orang yang terkena virus, semuanya akan terpapar. Lain halnya kalau mayoritas sudah menerima vaksin sehingga akan muncul sebuah kekebalan terhadap virus covid-19,” ucapnya.

Baca Juga : Apa Itu Vaksin dan Bagaimana Cara Kerja di dalam Tubuh Kita?

Kartika juga menyatakan vaksinasi akan dimulai pada  Februari mendatang. Tahap awal, Kota Batu mendapatkan 1.680 vaksin. Rinciannya, 1.662 vaksin untuk 840 tenaga kesehatan dalam dua kali penyuntikan. Sisanya ,10 vaksin, untuk pejabat esensial yang terdiri dari forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda).

Nantinya vaksinasi itu tersedia di 5 puskesmas dan 4 rumah sakit di Kota Batu.  “Jumlah vaksin tersebut masih menjangkau kurang lebih 41 persen dari tenaga kesehatan yang ada di Kota Batu. Sedangkan dari 5 puskesmas dan 4 rumah sakit totalnya ada 76 vaksinator,” jelas Kartika.

 

Topik
Wali Kota Batu Dewanti RumpokoVaksin Covid 19vaksin sinovac

Berita Lainnya

Berita

Terbaru