Sekretaris Komisi D Ajak Masyarakat Patuhi Prokes lewat Ceramah Agama

Jan 12, 2021 11:44
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang Rokhmad (berdiri kiri, baju abu-abu) saat memberikan cermah dan sosialisasi protokol kesehatan pencegahan covid-19 kepada jamaah Masjid Nur Mujahiddin. (Foto: Istimewa).
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang Rokhmad (berdiri kiri, baju abu-abu) saat memberikan cermah dan sosialisasi protokol kesehatan pencegahan covid-19 kepada jamaah Masjid Nur Mujahiddin. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Upaya untuk terus mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19 terus digencarkan. Salah satunya yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Malang.

Ya, meski pemerintah telah mulai menerapkan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021 ini, hal itu harus diiringi dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

Baca Juga : Kota Batu Bertahan di Zona Orange, 2 Hari Tambah 14 Pasien Konfirm Covid-19

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang Rokhmad secara khusus ikut terlibat dalam mengajak masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19. Misalnya sosialisasi yang dilakukan di Masjid Nur Mujahiddin, Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

"Kami memberikan sosialisasi bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dengan menjaga imun dan iman agar terhindar dari vovid-19," ujarnya.

Sosialisasi tersebut berlangsung semalam (Senin, 11/1/2021) seusai salat Isya di sela-sela siraman rohani sambil berbagi snack dan es krim kepada para jamaah.

Dalam penyampaian materi itu, Rokhmad menjelaskan bahwa covid-19 masih belum usai. Kasus tahun 2020 juga cukup tinggi, bahkan angka kematian juga tinggi.

Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk memperhatikan kesehatan, minimal dengan rutin berolahraga di pagi hari. "Memasuki 2021 ini, jaga kesehata dengan sering berolahraga di pagi hari. Tetap sering mencuci tangan, jaga jarak dan memakai masker," imbuhnya.

Baca Juga : Kabupaten Malang Zona Oranye, Satgas Covid-19 Perketat Prokes dan Waspadai Dua Klaster

Hal yang juga perlu diperhatikan para orang tua. Yakni berkaitan dengan kepribadian anak-anaknya karena di masa pandemi ini, sekolah harus dijalani secara daring. "Dibutuhkan kesabaran dan keteladanan orang tua kepada anak-anak agar kita sebagai orang tua juga bisa menjadi guru dir umah," paparnya.

Pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang ini juga menyoroti perihal kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak di masa pandemi covid-19. "Hendaknya mengatur keuangan kita untuk lebih hemat dengan cara masak sendiri, beli keperluan keluarga di tetangga. Nah, bagi yang  mampu silakan berbelanja online dan berbagi dengan tetangga sekitar," terangnya.

Meski saat ini kondisi mengharuskan masyarakat tanah air menjaga jarak, menurut Rokhmad, hubungan sosial antar sesama tak boleh dihilangkan, seperti terus beramal saleh. "Kita bisa membantu dana kepada panitia pembangunan masjid ini misalnya. Jangan dilihat isinya, tapi terimalah kepedulian ini untuk bersama ikut berbagi dan bersinergi," ungkapnya.

Topik
DPRD Kota MalangKomisi D DPRDProtokol KesehatanPemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru