Update situasi Covid-19 Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Covid-19 Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Kota Batu hingga saat ini masih bertahan pada zona orange atau risiko sedang. Hal tersebut juga ditengarai dengan jumlah tambahan angka terkonfirmasi positif Covid-19 dua hari terakhir mencapai 14 orang.

Kamis (7/1/2021) lalu, terdapat tambahan 7 pasien konfirmasi positif. Disusul Jumat (8/1/2021) dengan tambahan yang sama. Sehingga jumlah kumulatif Kota Batu mencapai 1.083 orang, pasien aktif 40 orang.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19, Dinkes Kota Batu: Prioritas Nakes Sebanyak 2.033 Ribu

Rinciannya yang dirawat untuk masing-masing kecamatan yakni terbanyak ada di Kecamatan Junrejo sejumlah 22 orang. Dengan pasien yang dirawat terbanyak dari Desa Tlekung 8 orang, dan Desa Junrejo terdapat 7 orang. Selanjutnya disusul oleh Kecamatan Batu ada 10 orang, terbanyak 4 orang dari Kelurahan Sisir. Sedangkan di Kecamatan Bumiaji menyisakan 8 orang, terbanyak 4 orang dari Desa Giripurno. 

Sedangkan pasien konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh pada Jumat ini ada tambahan 4 orang. Lalu pada Kamis terdapat 7 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian totalnya 953 orang. Namun angka kematian pasien konfirmasi positif ada tambahan satu orang. Saat ini totalnya menjadi 90 orang. 

Untuk kasus suspek jumlahnya 804 orang, probable ada 69 orang, yang diisolasi sejumlah 65 orang, dan discarded ada 747 orang.

Untuk menekan angka bertambahnya pasien konfirmasi positif Covid-19 Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mewajibkan kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan, utamanya 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan).

Baca Juga : Kabupaten Malang Zona Oranye, Satgas Covid-19 Perketat Prokes dan Waspadai Dua Klaster

“Jika kita ingin beraktivitas tolong protokol kesehatan untuk selalu ditaati dengan baik yaitu 3M. Itu adalah kewajiban ketika kita akan beraktivitas,” ucapnya.