PPKM Hari Pertama, Destinasi Wisata di Kabupaten Malang Tetap Beroperasi

Jan 11, 2021 10:52
Ilustrasi salah satu tempat wisata di Kabupaten Malang yang tetap beroprasi selama diterapkannya PPKM (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Ilustrasi salah satu tempat wisata di Kabupaten Malang yang tetap beroprasi selama diterapkannya PPKM (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara, memastikan jika tempat wisata tetap beroprasi selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

”(Wisata) tetap buka, semua wisata di Kabupaten Malang tetap buka. Tapi tetap dengan penerapan Prokes (Protokol Kesehatan) ketat, yang penting itu,” ungkapnya saat dikonfirmasi media online ini, Senin (11/1/2021).

Baca Juga : Permainan Tradisional di Taman Dolan Paling Diminati Wisatawan 

 

Sekedar informasi, prokes yang dimaksud oleh Made tersebut meliputi penyediaan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir bagi wisatawan, kewajiban memakai wasker bagi pengelola maupun wisatawan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama berwisata di Kabupaten Malang.

Lanjut, Made, tetap dibukanya objek wisata selama PPKM tersebut, telah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat. Sebagaimana instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2021 tentang PPKM.

Di mana dalam ketetapannya, pemerintah pusat menginstruksikan untuk membatasi tempat atau kerja perkantoran dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75 persen, dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat.

”Karena yang diwajibkan 75 persen WFH dan 25 persen WFO (Work From Office) kan hanya di perkantoran, tempat wisata kan tidak. Jadi (wisata di Kabupaten Malang) tetap buka,” ungkapnya.

Meski tetap beroprasi, namun Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), tetap mewajibkan rapid test antigen maupun antibodi kepada para pengunjung wisata di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Air Terjun Sumber Pitu, Destinasi Wisata Alami yang Berada di Kecamatan Tumpang 

 

”Sudah kami sarankan kepada pengelola wisata, untuk memeriksa surat keterangan hasil rapid test para pengunjung sebelum memasuki tempat wisata di Kabupaten Malang,” tegasnya.

Sementara itu, sampai dengan berita ini ditulis, Disparbud Kabupaten Malang terpantau masih melakukan rapat koordinasi (rakor), guna membahas kesiapan PPKM di tempat pariwisata.

”Saat ini masih kami pantau, saya masih berkoordinasi dengan teman-teman pengelola wisata soal itu (PPKM di tempat wisata, red). Nanti siang sekitar jam 13.00 WIB saya kabari hasil rapat hari ini,” tukasnya.

Topik
PPKM Hari PertamaPemberlakukan Pembatasan Kegiatan MasyarakatMade Arya WedhantaraWisata di Kabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru