Air Terjun Sumber Pitu, Destinasi Wisata Alami yang Berada di Kecamatan Tumpang

Jan 04, 2021 08:58
Adit (berdiri) bersama teman-temannya menikmati Air Terjun Sumber Pitu di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Minggu (3/1/2021). (Foto: Adit for MalangTimes)
Adit (berdiri) bersama teman-temannya menikmati Air Terjun Sumber Pitu di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Minggu (3/1/2021). (Foto: Adit for MalangTimes)

MALANGTIMES - Wilayah Kecamatan Tumpang menyimpan beberapa destinasi wisata alam yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Salah satunya destinasi wisata Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. 

Salah satu wisatawan yang berasal dari Kota Malang, yakni Adit menuturkan bahwa destinasi wisata alam Air Terjun Sumber Pitu ini tampak indah, asri dan masih terjaga keasrian alamnya. 

Baca Juga : Destinasi Wisata Dibuka, Wisatawan Disarankan Membawa Surat Hasil Rapid Test Non-Reaktif

 

"Ketika saya dengan teman-teman berkunjung kesana, air terjun sumber pitu ini tampak indah. Pertama datang disuguhkan dengan penampakan air terjun yang menjulang tinggi," ungkapnya ketika dikonfirmasi pewarta, Senin (4/1/2021). 

Adit mengatakan bahwa sebelum menikmati keindahan destinasi wisata Air Terjun Sumber Pitu ini, dirinya bersama teman-temannya harus menempuh jarak sekitar 23 kilometer atau sekitar 40 menit menggunakan sepeda motor dari titik berangkat di wilayah Sawojajar. 

"Kita berangkat dari Sawojajar terus lewat pertigaan madyopuro ke arah cemorokandang. Lurus terus sampai di persimpangan Pasar Tumpang itu belok kanan, lurus terus sampai pertigaan belok kiri," jelasnya. 

Setelah sampai di pertigaan Taman Makam Pahlawan Tumpang, Adit mengatakan bahwa dirinya berbelok kiri lurus terus sampai melewati perempatan masjid dengan lurus terus mengikuti arah jalan. 

"Nanti di pertigaan ada plang penunjuk jalan mas belok kiri ke arah duwet krajan lurus terus mengikuti plang arah menuju Air Terjun Sumber Pitu mas," imbuhnya. 

Sesampainya disana, Adit pun memarkirkan sepeda motornya terlebih dahulu di tempat parkir yang telah disediakan. Untuk satu sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5 ribu. Dan untuk mobil biaya parkirnya di kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu. Selain biaya parkir, tidak terdapat biaya tambahan untuk menikmati destinasi wisata alam Air Terjun Sumber Pitu. 

"Dari parkiran itu harus jalan dulu mas lewat jalan setapak. Ya perkiraan satu kilo lah mas, soalnya ada tulisannya juga satu kilometer," ujarnya. 

Lanjut Adit, sebenarnya juga disediakan ojek namun dirinya bersama teman-temannya ingin menikmati perjalanan menuju Air Terjun Sumber Pitu dengan keindahan alam yang masih alami dan asri. 

Baca Juga : Objek Wisata Buka lagi Besok Sabtu, Kadisparbud Kabupaten Malang Ingatkan Ini

 

"Ada mas ojek. Tapi kita milih menyusuri jalan setapak. Pemandangannya indah, ada kebun-kebun, tebing-tebing tinggi menambah keindahan areal destinasi wisata Air Terjun Sumber Pitu," bebernya. 

Setelah menyusuri jalan setapak, dikatakan Adit bahwa dirinya bersama teman-temannya langsung disambut dengan pemandangan air terjun pertama yang menjulang tinggi dan diikuti oleh aliran sungai kecil yang membuat wisatawan tak sabar ingin berendam menikmati kesegaran Air Terjun Sumber Pitu. 

"Ternyata nggak cuma air terjun yang tinggi itu mas. Ada lagi air terjun dengan grojogan kecil. Tapi harus naik dulu beberapa meter, baru bisa menikmati beberapa grojogan kecil itu mas. Pokoknya apik mas," jelasnya. 

Adit juga menambahkan, ternyata di sebalah kiri beberapa grojogan kecil tersebut terdapat goa kecil yang juga dapat menjadi destinasi wisata tambahan yang berada di area Air Terjun Sumber Pitu tersebut. 

Selain itu, layaknya destinasi wisata di Kabupaten Malang, kawasan Air Terjun Sumber Pitu juga menyediakan beberapa fasilitas seperti adanya warung, toilet dan musholla. 

"Tapi eman mas, kayaknya lama nggak dikunjungi jadi agak kurang terawat fasilitasnya. Tapi secara keseluruhan pemandangan di Air Terjun Sumber Pitu ini bagus dan bisa dicoba kembali," pungkasnya. 

Topik
sumber pitu tumpang sumber pitu kabupaten malang air terjun sumber pitu air terjun di kabupaten malang wisata alam kabupaten malang Dinas Pariwisata Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru