Update situasi di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Dua digit menambah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu pada Minggu (10/1/2021), yakni 10 orang. Namun juga diimbangi dengan pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh sejumlah 9 orang.

Dengan bertambahnya 10 pasien dinyatakan positif Covid-19, saat ini pasien yang aktif totalnya 46 orang. Sedangkan jumlah kumulatif seluruhnya mencapai 1.099 orang. Totalnya yang sembuh ada 963 orang. 

Baca Juga : Kota Batu Bertahan di Zona Orange, 2 Hari Tambah 14 Pasien Konfirm Covid-19

Namun tidak ada angka meninggal dunia, atau tetap di angka 90 orang. Pasien yang dirawat terbanyak itu masih didominasi di Kecamatan Junrejo, yakni 25 orang. Terbanyak di Desa Tlekung ada 8 orang, dan Desa Junrejo ada 7 orang.

Selanjutnya ada di Kecamatan Batu, terdapat 12 pasien. Terbanyak ada di Kelurahan Sisir sebanyak 4 orang. Dan di Kecamatan Bumiaji sejumlah 9 orang, terbanyak ada 4 orang di Desa Giripurno.

Dengan terus bertambahnya pasien konfirmasi positif setiap harinya, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tidak henti-hentinya untuk mengingatkan warganya mewajibkan taat akan protokol kesehatan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan). 

Bahkan dalam setiap kesempatannya ia selalu mengingatkan kepada warga Kota Batu. Misalnya saat meluangkan waktu saat olahraga jalan santai di kawasan Kota Batu.

Dewanti tidak henti-hentinya untuk mengingatkan warga atau pengendara saat berhenti di jalan. Agar tidak lupa memakai masker, dan menggunakannya dengan benar. 

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19, Dinkes Kota Batu: Prioritas Nakes Sebanyak 2.033 Ribu

Terkait dengan vaksinnya, menurut Dewanti jadwal pemberian vaksinasi kepada warga Kota Batu masih belum ditentukan. Namun, pihaknya akan memprioritaskan tenaga kesehatan di Kota Batu terlebih dahulu untuk mendapatkan vaksinasi.

“Pendataan nakes Kota Batu sudah dikirim ke pusat. Tetapi yang jelas data nakes di Jawa Timur sekitar 200 ribu. Nah vaksin yang datang baru 77-78 ribu,” ujar Dewanti.

“Jadi kita nggak tahu di Kota Batu ini dapat berapa. Kalau pendataan nakes di Kota Batu sekitar 2.033,” jelasnya.