Dinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari saat ditemui di lantai 5 Balai Kota Batu, Rabu (6/1/2021)
Dinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari saat ditemui di lantai 5 Balai Kota Batu, Rabu (6/1/2021)

MALANGTIMES - Dalam rapat koordinasi terkait vaksinasi di Kota Batu, di lantai 5 Balai Kota Batu, Rabu (6/1/2021), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu Kartika Trisulandari mengatakan, prioritas pertama yang mendapatkan vaksin yakni tenaga kesehatan (nakes) di Kota Batu.

"Nakes Kota Batu yang sudah kita inputkan ada 2033 ribu. Tetapi nantikan ada fitback untuk verifikasi yang sudah pernah terpapar itu tidak perlu divaksin. Kemudian yang hamil dan usia di atas 60 tahun," ucapnya.

Baca Juga : Fasyankes yang Buka Vaksinasi Harus Penuhi Tiga Syarat Ini

Ditanyai terkait jadwal pembagian, ia juga masih menunggu keputusan yang pasti. 

"Jadwal sementara ini masih Januari-Maret untuk tahap pertama. Jadi kita tunggu jadwal dari pusat. Informasi jadwal bisa berubah-ubah, karena belum ada kepastian jadwal untuk kabupaten. Kalau provinsi sudah ada," ujarnya.

Kemudian Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, terkait jadwal pemberian vaksinasi kepada warga Kota Batu masih belum ditentukan. Namun, pihaknya akan memprioritaskan nakes di Kota Batu terlebih dahulu untuk mendapatkan vaksinasi.

“Pendataan nakes Kota Batu sudah dikirim ke pusat. Tetapi yang jelas data nakes di Jawa timur sekitar 200 ribu. Nah vaksin yg datang baru 77-78 ribu,” ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, belum sampai 40 persen nakes di Jawa timur. "Jadi kita nggak tahu di Batu ini dapat berapa. Kalau pendataan nakes di Kota Batu sekitar 2.033," lanjutnya.

Terkait jumlah vaksin yang diedarkan untuk Kota Batu, Dewanti mengaku masih belum ada kepastian informasi untuk pembagian vaksin di Kabupaten/Kota.

"Yang sudah diinformasikan oleh Kementrian Kesehatan dan juga Kementerian Dalam Negeri itu hanya kedatangan vaksin di setiap provinsi saja. Jadi dalam rakor ini kita membahas terkait persiapan ketika vaksinasi sudah datang dan sudah kita koordinasikan dengan TNI/Polri," terangnya.

Baca Juga : Vaksinasi Mulai 13 Januari, Daerah Diminta Antisipasi Rush

Sementara itu terkait pengamanan vaksin, Kapolres Kota Batu Catur C Wibowo akan siap melakukan pengamanan. Baik pengamanan tempat, pengawalan dan pelaksanaannya.

“Untuk pelaksanaan distribusi vaksin sesuai dengan arahan Ketua Satgas. Sementara petunjuk distribusi secara teknis ataupun secara spesifik belum ada,” ujar Catur.

Tetapi, lanjutnya, untuk vaksin yang dialokasikan Jawa timur di tahap pertama ini sudah di Surabaya. "Makannya kami dengan Pemerintahan Kota Batu dan steakholder yanb5g ada melaksanakan rakor persiapan distribusi vaksin ini," jelasnya.