Hasil Survei Konsumen Desember 2020, BI Malang Sebut IEK Tetap di Level Optimis

Jan 07, 2021 19:12
Grafik survei konsumen (KPw BI Malang)
Grafik survei konsumen (KPw BI Malang)

MALANGTIMES - Hasil survei konsumen dari Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang pada bulan Desember 2020 lalu mengindikasikan optimisme ekspektasi konsumen. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tercatat sebesar 131,17 atau tetap pada level optimis lebih dari 100.

"IEK sendiri dipengaruhi oleh ekspektasi kerja, ekspektasi penghasilan, ketersediaan lapangan dan ekspektasi kegiatan usaha," kata Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan.

Baca Juga : Laris di Tahun 2020, Investasi Tepat Hanya di The Kalindra Apartment

Azka melanjutkan, saat ini konsumen meyakini dengan ditemukannya vaksin Covid-19, kegiatan usaha ke depan semakin membaik. Sedangkan untuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) kembali melemah di tengah jumlah kasus baru Covid-19 yang kembali mengalami peningkatan signifikan.

"Hal ini tercermin dari IKK tercatat sebesar 97,75 atau lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan maupun tahun sebelumnya yang masing-masing tercatat sebesar 104,25 dan 123,75," ungkapnya.

Sementara itu, penurunan IKK dibandingkan bulan sebelumnya disebabkan karena penghasilan konsumen yang menurun dan persepsi penghasilan konsumen pada enam bulan mendatang.

"Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini tercatat sebesar 64,33. IKE dipengaruhi oleh penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian durable goods," jelasnya.

Baca Juga : 2020, Kota Malang Alami Inflasi Terendah selama 10 Tahun Terakhir

Sebagai informasi, penurunan IKE terutama terjadi pada penghasilan saat ini dibandingkan enam bulan yang lalu dari sebesar 69,50 menjadi sebesar 55,50. Hal ini dikonfirmasi oleh likert scale biaya tenaga kerja pada contact Liaison yang mengalami penurunan. Dikarenakan banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem penggajian unleave paid dan pembayaran gaji yang hanya sebagian dari gaji yang diterima pada kondisi normal.

 

Topik
survei konsumen 2020indeks ekspektasi konsumenIndeks Keyakinan KonsumenBerita EkonomiBank Indonesia Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru