Vaksin Covid-19 Sampai di Surabaya, Dandim 0818 Siap Amankan Distribusi di Kabupaten Malang

Jan 06, 2021 18:07
Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kotq Batu, Letkol (Inf) Yusub Dody Sandra saat dikonfirmasi pewarta, Rabu (6/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kotq Batu, Letkol (Inf) Yusub Dody Sandra saat dikonfirmasi pewarta, Rabu (6/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Sebanyak 77.600 vaksin Sinovac telah sampai di Kota Surabaya. Selanjutnya, puluhan ribu vaksin Sinovac tersebut akan menunggu persetujuan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI dan akan segera didistribusikan ke daerah termasuk Kabupaten Malang. 

Terkait pengamanannya sendiri, jajaran Kodim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu akan melakukan pengamanan terhadap vaksin Sinovac yang bakal didistribusikan menuju area Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Fasyankes yang Buka Vaksinasi Harus Penuhi Tiga Syarat Ini

"Kalau vaksin itu diantar ke Kabupaten Malang tentunya nanti kita bersama pihak-pihak terkait seperti Dinkes (dinas kesehatan, red), kepolisian juga melaksanakan pengamanan. Baik dari rute berangkat, saat perjalanan, sampai ke tujuan," ungkapnya saat dikonfirmasi pewarta di Makodim 0818, Rabu (6/1/2021). 

Pengamanan tersebut akan berlanjut ketika pihak-pihak terkait telah menyepakati satu lokasi yang akan dipergunakan sebagai tempat penyimpanan vaksin Sinovac. 

"Nanti ditaruh di mana dan itu diamankan. Kita bergiliran untuk melaksanakan penjagaan. Penjagaan di satu tempat tersebut seperti penjagaan Pemilukada sampai tanggal launching dari pemerintah sekitar tanggal 13, 14, 15 (Januari, red)," jelasnya. 

Sementara terkait personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan pendistribusian vaksin Sinovac akan disesuaikan dengan prosedur tetap (protap) kendaraan pengamanan. 

"Tergantung kendaraannya (pembawa distribusi vaksin, red). Kalau misal 6.000 dosis, kendaraan disesuaikan dengan protap-protap kendaraan. Kalau dua truk nanti kami akan bentuk dua regu, 8 sampai 13 anggota," jelasnya. 

Sementara itu, Yusub pun berharap sebelum tanggal 13 hingga 15 Januari 2021 saat launching di tingkat nasional, vaksin Sinovac dapat terdistribusi di Kabupaten Malang dengan aman dan dapat digunakan untuk masyarakat luas. 

Baca Juga : Vaksinasi Mulai 13 Januari, Daerah Diminta Antisipasi Rush

"Diharapkan sebelum tanggal itu sudah ada di Kabupaten Malang. Babinsa kita siap mendukung, mengamankan, menyosialisasikan," terangnya. 

Pihaknya pun telah berkomitmen akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat di seluruh Kabupaten Malang melalui Babinsa dengan jajaran terkait agar masyarakat dapat menerima dan mendapatkan manfaat dari vaksin Sinovac yang diberikan pemerintah. 

Sementara itu, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Malang telah menyiapkan 52 fasilitas kesehatan yang akan siap menjadi tempat vaksinasi. 

52 fasilitas kesehatan tersebut terdiri dari 39 puskesmas, 12 rumah sakit dan satu klinik yang semuanya juga disiapkan para vaksinator yang telah melalui tahapan pelatihan dan pembinaan terkait vaksinasi.  

Topik
Vaksin Covid 19vaksin sinovacpengamanan vaksinDandim 0818berita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru