Fakultas Teknologi Pertanian UB Raih 4 Penghargaan UBAQA

Jan 06, 2021 10:09
Suasana Rapat Senat Terbuka UB ke 58 yang dilakukan secara daring (Ist)
Suasana Rapat Senat Terbuka UB ke 58 yang dilakukan secara daring (Ist)

MALANGTIMES - Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) berhasil meraih empat penghargaan sekaligus dalam ajang penghargaan tahunan Universitas Brawijaya Annual Quality Award (UBAQA) 2020. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan untuk unit kerja dengan pelayanan terbaik.  

UBAQA merupakan penghargaan tahunan untuk mengukur sejauh mana peran fakultas, program studi, dan unit pendukung dalam memberikan kontribusi terhadap hasil klasterisasi perguruan tinggi atau ranking perguruan tinggi nasional dengan mengadopsi indikator Kemendikbud dalam klasterisasi yang ditambah Indeks Kepuasan Masyarakat.

Baca Juga : Kaleidoskop Pendidikan 2020: Inovasi dan Prestasi Gemilang Unikama untuk Negeri

Penghargaan ini diumumkan berbarengan dengan pelaksanaan Rapat Senat Terbuka Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-58 bersama Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, BA. MBA yang diadakan secara daring, Selasa (05/01/2021).

Penghargaan yang berhasil diraih Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya tersebut yakni, juara dua di tingkat fakultas, juara pertama untuk PS S3 Teknologi Industri Pertanian (PS S3 TIP) pada kategori program studi S3.

Kemudian, dua penghargaan pada kategori program studi S2, yaitu juara pertama untuk PS S2 Teknik Pertanian (PS S2 TEP) serta juara ketiga untuk PS S2 Teknologi Hasil Pertanian (PS S2 THP).  

Terkait hal tersebut, Dekan FTP, Prof. Imam Santoso mengungkapkan rasa syukurnya. Pihaknya menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah bekerja keras hingga diraihnya empat penghargaan oleh FTP.

"Alhamdulillah FTP berhasil meraih banyak penghargaan pada UBAQA 2020. Terimakasih untuk semua pihak yang telah bekerja keras dan mendukung penuh hingga berhasil meraih empat penghargaan," jelasnya.

Lanjutnya, dengan penghargaan ini menunjukkan tata kelola sistem pendidikan di FTP berkualitas dan berdaya saing. Sebab variabel penilaian yang digunakan dalam UBAQA meliputi beberapa aspek yang itu tentunya membutuhkan kerjasama berbagai pihak.

"Diantaranya adalah AIMA (Organisasi Sistem Penjaminan Mutu Akademik/SPMA, Dokumen SPMA, implementasi SPMA, evaluasi kinerja dan internalisasi budaya mutu), kapasitas planning unit kerja (rencana strategis, program kerja, EPSBED, akreditasi program studi) hingga kesiapan untuk World Class University seperti excellence in research, teaching quality, international outlook maupun," jelasnya.

Baca Juga : Rektor UIN Malang Sikapi Permintaan Menag Yaqut agar PTKI Minimalisir Paham Radikal

Dalam Rapat Senat Terbuka ke 58, Presiden Joko Widodo turut mengucapkan selamat untuk Universitas Brawijaya (UB) yang merayakan Dies Natalis ke 58 dan menyampaikan harapannya agar UB bisa memberikan kontribusi besar bagi bangsa.  

"Selamat untuk para civitas UB atas Dies Natalis ke-58. Semoga UB dapat lebih berkontribusi besar bagi pembangunan bangsa. Terlebih kita baru saja melewati tahun 2020 yang memberi banyak inspirasi untuk membuat terobosan dan inovasi. Tahun 2021 penuh tantangan dan harapan. Tetap patuhi protokol kesehatan serta terus kreatif berinovasi dan disiplin dalam menjalani kehidupan," papar Ir. H. Jokowi.

Senada dengan Presiden, Mendikbud Nadiem Makarim juga menyampaikan bahwa lulusan kompeten perguruan tinggi  dibutuhkan untuk mengatasi segala permasalahan bangsa.

"Untuk hasilkan lulusan  yang unggul Perguruan Tinggi harus berani mendistruksi dirinya agar lebih adaptif, fleksibel dan berorientasi masa depan. Cara terbaik adalah memberikan pengalaman  bermakna didunia kerja ketika masih menjadi mahasiswa," pungkas Nadiem.

Topik
Fakultas Teknologi Pertanian BrawijayaFakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijayaprestasi fakultas teknologi pertanian universitas brawijadekan fakultas teknologi universitas brawijayaUBAQA 2020

Berita Lainnya

Berita

Terbaru